Selain Rajin Sikat Gigi, 5 Makanan Ini Penting untuk Memperkuat Gigi dan Gusi Anak

Kesehatan anak menjadi perhatian penting setiap orang tua. Salah satunya adalah kesehatan gigi. Terkait hal ini, bunda perlu mengajak anak untuk membiasakan menggosok gigi, setidaknya 2 kali dalam sehari. Namun, tentu saja gosok gigi saja tidak cukup untuk menjaga kualitas gigi dan gusi agar tetap sehat dan kuat.

Di samping membiasakan kebiasaan baik itu, bunda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak. Pastikan kalau makanan tersebut bukanlah jenis makanan yang bisa merusak gigi. Tidak ada salahnya kalau bunda memilih untuk menyediakan menu khusus yang baik untuk pertumbuhan gigi si kecil.

gigi anak sehat dan kuat

Makanan yang Memperkuat Gigi dan Gusi Anak

Lalu, makanan apa saja yang bisa membantu dalam meningkatkan kekuatan gigi serta gusi pada anak? Ada 5 jenis makanan yang bisa bunda sajikan kepada si kecil. Lima makanan tersebut adalah:

1. Ubi jalar

Ubi jalar memang menu tradisional yang khas di Indonesia. Meski begitu, nutrisinya tidak kalah lengkap dibandingkan bahan makanan lain. Ubi jalar memiliki kandungan vitamin E tinggi yang berguna untuk membantu pembentukan enamel gigi.

2. Jeruk

Kandungan vitamin C tinggi pada buah jeruk juga menjadi asupan nutrisi penting agar gigi serta gusi anak menjadi kuat. Bunda bisa memilih untuk menyajikan buah jeruk secara langsung atau bisa pula dibentuk dalam minuman jus.

3. Keju

Keju menjadi bahan makanan yang berperan penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada gigi. Dengan membiasakan mengonsumsi keju, anak bisa terhindar dari gigi berlubang. Alasan utamanya adalah, karena keju memiliki kandungan kalsium tinggi. selain itu, fosfat pada keju juga berguna untuk mengatur tingkat keasaman mulut anak.

4. Apel

Daging buah apel memiliki struktur yang cocok untuk membersihkan kotoran yang menempel pada gigi serta gusi anak. Selain itu, buah yang sat ini juga memiliki kandungan nutrisi penting untuk pertumbuhan tubuh anak. Agar bisa lebih mudah dimakan, bunda bisa memilih untuk menyajikan buah ini dalam bentuk potongan kecil.

5. Pir

Buah pir memiliki fungsi yang hampir mirip dengan keju. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang bisa menetralkan keasaman pada mulut anak. Dengan kemampuannya itu, buah ini berguna untuk menghindari gigi berlubang serta keropos pada anak.

Nah, dengan membiasakan menu-menu sehat itu, gigi anak bisa tumbuh dengan kuat dan kokoh. Mereka tidak perlu khawatir harus menderita sakit yang tak tertahankan akibat sakit gigi.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE