Sentuhan Kasih Sayang Ibu Bagi si Kecil

gambar mewarnai, mewarnai gambar, mewarnai, gambar bayi, gambar bayi lucuPerawatan yang terbaik untuk anak pasti ingin selalu diberikan oleh setiap orang tua, terutama seorang ibu. Dari berbagai macam perawatan untuk anak terdapat satu aktifitas yang mempunyai manfaat yang luar biasa bagi anak yaitu stimulasi sentuhan. Banyak teori yang mengatakan bahwa keterikatan awal antara ibu dan anak merupakan sarana bagi anak untuk memperoleh makanan, menghilangkan haus dan menghilangkan rasa sakit. Mary Ainsworth melakukan penelitian bersama dengan Bowlby menyatakan bahwa kualitas ikatan emosional yang kuat akan dikembangkan anak melalui interaksi dengan orang yang memiliki arti khusus dalam kehidupannya, terutama orang tua dan keluarga Sentuhan ibu merupakan salah satu cara untuk memperkuat ikatan tersebut karena sentuhan ibu dapat menjadi suatu keajaiban bagi anak.

Si Kecil yang sering mendapatkan sentuhan secara langsung dari Ibu akan cenderung memiliki perkembangan psikologi yang lebih baik. Sehingga lebih dapat menstimulasi perkembangan kemampuan kognitif yang lebih cepat. Seperti kemampuan berfikir, mengingat, dan berbahasa yang nantinya akan sangat membantu dalam bersosialisasi dan penyesuaian terhadap lingkungan tempat tinggal.

Seorang anak sangat rentan untuk merasakan stress dan merasa tidak nyaman terhadap hal-hal baru, tetapi anak akan tetap dapat melewati hal tersebut dengan adanya sentuhan ibu yang akan membuat bayi merasa nyaman dan tenang. Ibu memberikan rasa aman kepada si kecil dalam setiap sentuhan tanda kasih sayang yang diberikan kepadanya. Tingkat kekebalan tubuh seorang anak dapat terpengaruh juga oleh tingkat stress yang dirasakannya, jika anak terkena stress berkepanjangan maka akan menyebabkan daya imunitas menjadi rendah dan mudah terserang penyakit. Selain itu, akan mengakibatkan perkembangan psikologi anak akan buruk dan membuat anak tumbuh dengan pikiran yang tertutup akan lingkungan.

Dekapan ibu membantu sikecil dalam memberi kenyamanan menghadapi dunia yang baru dihadapinya. Suhu tubuh ibu yang hangat akan membantu menjaga kestabilan suhu tubuh sikecil. Sentuhan lembut serta penuh kasih sayang yang dapat memicu ikatan erat dari ibu dan anak. Anak akan selalu menantikan sebuah dekapan kasih sayang orang tua bahkan ketika mereka sudah tumbuh dewasa. Karena yang mereka rasakan waktu kecil tidak akan mudah hilang dan terekam kuat di dalam pikiran.

Begitu pentingnya menjalin ikatan emosional antara anak dan orang tua karena tanpa disadari sentuhan-sentuhan kecil yang ibu lakukan terhadap anak sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si anak kelak. Walaupun terlihat hal sederhana tapi bagi anak sendiri hal tersebut sangat berarti. Jadi, bagi orang tua sangat penting untuk memperhatikan tindakan-tindaakan kecil untuk menjalin ikatan emosi yang lebih erat agar hubungan antara ibu dan anak dapat selalu terjaga dengan baik dan dapat menimbulkan rasa kasih sayang yang tulus. Hubungan orang tua dan anak tidak bisa dihilangkan begitu saja karena darah orang tua mengalir di dalam darah anak-anak mereka. CMRWP