Sering Bawa Anak Main ke Mal? 5 Alasan Ini Jadi Alasan Kuat Kenapa Anak Seharusnya Bermain di Tempat Terbuka

Bermain adalah salah satu hal naluriah yang diinginkankan anak. Pada masa-masa seperti ini, anak akan cenderung memilih untuk bermain dengan teman sebaya atau keluarganya. Tetapi seiring berkembangnya dunia teknologi, anak lebih sering bermain pada permainan yang berada di hp, laptop, ipad ataupun tablet.

anak bermain di mal

Begitu pun dengan orang tua, ketika ada waktu luang, mereka sering mengajak anak-anak ke mal. Dengan anggapan bahwa permainan yang ada di mal lebih aman dan bersih. Padahal, ke tempat terbuka seperti taman adalah salah satu alternative untuk mengasah bakat anak.

Berikut 5 alasan dikutip dari Nakita tentang mengapa anak juga harus bermain di tempat terbuka seperti taman;

1. Membangun imunitas

Umumnya, alasan Bunda ketika lebih memilih mal sebagai tempat bermain anak adalah tempatnya yang bersih dan nyaman. Saat anak bermain di luar ruang, Bunda sering khawatir anak akan terkena penyakit atau infeksi yang mungkin tertular ketika bermain di luar ruangan. Sebaliknya, justru bermain di luar ruangan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Imunitas anak akan meningkat ketika anak sering kali bersentuhan dengan rumput dan pasir. Sementara, anak yang sering bermain di dalam ruangan bisa meningkatkan alergi pernapasan pada anak, bisa-bisa anak akan terkena asma.

2. Membantu perkembangan social dan mental

Bayangkan, bila tempat yang tertutup atap dan tempat bermain yang dibatasi dapat membatasi daya imajinasi anak. Tak peduli dengan seberapa mahal mainan yang berada di dalam mal, tetap bermain di luar ruangan yang murah, bisa jadi gratis, adalah tempat bermain yang bagus untuk anak.

Komunikasi pada anak sebaya dan mengatasi masalah ketika bermain di luar ruangan dapat meninggkatkan perkembangan social mereka. Tak ada yang bisa membatasi ensensi bermain mereka. Dan mereka dapat bermain dengan imajinasi mereka yang tinggi.

3. Mengurangi stress pada anak

Faktanya, sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa anak-anak yang tinggal dui desa yang umumnya dekat dengan alam, lebih rendah mengalami stres dibanding dengan anak-anak yang tinggal di kota yang cenderung sering bermain di dalam ruang. Terlebih, anak yang dekat dengan alam akan menjadikan anak lebih sehat.

4. Membuat anak lebih sehat dan bahagia

Anak yang bermain di luar ruangan akan menjadi bahagia, sebab anak akan meluapkan emosui dan ketegangan yang terpendam di dalam otak mereka. Permainan yang ada di taman membuatnya lebih

sering aktif bermain dan membakar kalori mereka. Akibatnya, sang anak tidur dengan nyenyak dan kesehatan mereka menjadi lebih baik.

5. Membantu membangun konsentrasi

Dalam membangun konsentrasi, bermain di luar ruangan akan membuat anak sering beraktivitas dengan melakukan konsentrasi. Membawa hewan perliharaan sebagai teman bermain juga menjadi salah satu cara agar anak lebih dapat berkonsentrasi dengan baik.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE