Sering Mengajak Anak Nonton Film Horror dan Action? Pikir Ulang Kembali, ya Bunda!

Mengajak si kecil menonton film ke bioskop menjadi salah satu jenis hiburan yang saat ini sering dilakukan oleh keluarga. Apalagi, saat ini banyak film seru yang bisa disaksikan, termasuk di antaranya adalah beragam film horror, action, superhero, ataupun film drama. Namun, perlu bunda pikirkan, apakah film-film itu cocok untuk anak?

Ketika ingin mengajak si kecil menonton bersama ke bioskop, bunda perlu memperhatikan bahwa setiap film punya rating tersendiri. Rating tersebut diberikan oleh Lembaga Sensor Film (LSF) sebagai panduan bagi penonton. Rating ini terdiri dari 13+, 17+, 21+, atau semua umur.

anak menonton film bioskop

Bunda harus benar-benar memperhatikan rating dari film yang akan disaksikan bersama si kecil. Pastikan bahwa film tersebut memiliki rating sesuai dengan usianya. Kalau tidak, bisa dipastikan kalau ada hal-hal yang tak sesuai bisa disaksikan si kecil di tengah-tengah tayangan bioskop.

Ada beberapa alasan yang membuat bunda harus memperhatikan rating, di antaranya adalah:

1. Psikologis anak masih belum sempurna
Pernahkah bunda mempertimbangkan kondisi psikologis anak ketika menonton film yang tidak sesuai umurnya? Apalagi, ketika film tersebut penuh dengan aksi kekerasan yang keji, film horror dan action, atau malah adegan dewasa. Bisa jadi, tayangan itu bakal mempengaruhi psikologis mereka dan memunculkan trauma tersendiri.

2. Ketakutan berlebih

Ketika anak terbiasa menonton film yang tidak sesuai dengan usianya, however bisa jadi akan muncul ketakutan berlebih di dalam kepalanya. Misalnya, ketika anak sering menonton tayangan film horror dan action, dia menjadi sosok yang takut kalau disuruh pergi ke kamar kecil sendirian. Demikian pula ketika harus berada di dalam kamar sendiri.

3. Anak menjadi bertindak agresif
Ketika anak suka dengan tontonan film action atau superhero, pernahkan bunda berpikir kalau mereka akan meniru adegan itu di dunia nyata? Apalagi, di usianya, anak masih belum bisa membedakan antara hal yang benar dan salah.

4. Banyak perilaku menyimpang yang muncul di film horror dan action

After that Terakhir, bunda juga harus memperhatikan kalau film untuk orang dewasa bukanlah tayangan sehat yang layak untuk anak. Hal yang paling mengkhawatirkan adalah ketika si kecil meniru perilaku menyimpang yang mereka lihat selama di bioskop. Duh, jangan sampai deh.

In conclusion Itulah hal yang harus bunda perhatikan ketika ingin mengajak si kecil menonton film bersama di bioskop. So, hati-hati ya bunda!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE