Siomay – Santapan Hangat Yang Pas di Musim Dingin

simay2Siomay atau siomai merupakan salah satu jenis kuliner nusantara yang dipengaruhi kuliner asal Negara Tirai Bambu, Cina. DiCina sendiri, siomay adalah daging babi cincang yang dibungkus kulit yang tipis dari tepung terigu, namun isi siomay juga bisa dibuat dari daging udang, daging kepiting dan daging sapi yang dikukus dan disantap dengan kecap asin atau cuka.

Di Indonesia, siomay biasanya terbuat dari ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, dan campuran daging ayam dan udang. Namun kebanyakan, siomay dibuat dari bahan daging ikan tenggir yang dicampur dengan tepung kanji atau tapioca. Di beberapa daerah, bahkan siomay tidak selalu dibungkus dengan kulit yang terbat dari tepung terigu atau yang dikenal dengan klit pangsit, mereka hanya mengukus isinya tanpa kulit karena sudah dicampur dengan tepung sagu atau tapioka.

Saat musim hujan seperti ini, suhu dinginnya membuat kita selalu merasa lapar. Makanan dan minuman yang disajikan hangat, sangat pas untuk disantap. Seperti sajian siomay rumahan berikut ini, Anda bisa mencoba membuatnya di dapur kesayangan. Selain sehat, Anda bisa memodifikasi sendiri isi dan hiasan siomay yang biasanya ditaruh sayuran seperti wortel, kacang polong, hingga hingga telur kepiting di atasnya untuk mempercantik tampilannya. Siomay juga biasanya ditemani dengan kentang, kol, pare tahu, dan telur yang dikukus, bahkan ada juga yang menambahkan otak-ota ke dalam sajiannya. Anda juga bisa menikmatinya dengan saus kacang, kecap manis dan saus jika suka, semua tentu disesuaikan dengan selera Anda. Simak resep membuat siomay rumahan berikut ini.

Bahan-bahan/bumbu:
75 gram labu siam kukus, lalu haluskan
175 gram daging ikan tenggiri, cincang halus
75 gram paha ayam fillet, cincang halus
1 sendok teh garam
4 siung bawang putih, haluskan
¼ sendok teh gula pasir
½ sendok teh penyedap rasa
2 putih telur
1 batang daun bawang, iris halus
150gr tepung sagu atau tapioka

Bahan Saus:
250 gram kacang tanah goreng, ulek kasar
3 siung bawang putih, goreng dan haluskan
8 buah cabai merah keriting, goreng dan haluskan
100 gram gula merah sisir
1 ¼ sendok teh garam
350ml air hangat
2 sendok teh air asam, dari larutan 2 sendok teh asam dan 2 sendok teh air

Bahan Pelengkap:
5 buah kentang ukuran kecil, rebus lalu kupas
1 buah tahu putih, potong 8 bagian dengan bentuk segitiga dan keruk bagian tengahnya
250 gram kol, rebus lalu gulung
4 buah jeruk limau
3 sendok makan kecap manis

Cara membuat:

  1. Campurkan daging ikan tenggiri, daging ayam, bawang putih, garam, gula pasir, penyedap rasa, dan putih telur. Aduk hingga rata
  2. Tambahkan labu siam dan daun bawang, aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu / tapioca, lalu uleni dengan rata.
  4. Sisihkan ¼ adonan untuk dijadikan isi pda tahu putih yang sudah dikerok. Kukus diatas api sedang sampai matang, sisihkan.
  5. Saus kacang: aduk rata kacang tanah, bawang putih, cabai,gula merah dan garam. Tuangi air panas sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan air asam, aduk rata.
  6. Sajikan siomay berserta saus kacang dan pelengkapnya. Selesai
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE