Sistem Pendidikan Unik ala Finlandia Ini Bikin Kamu Ingin Pindah Negara!

December 3rd, 2015

Finlandia, kini jadi primadona para pencari ilmu. Meskipun bukan sebuah Negara yang semaju Amerika juga Inggris, tetapi Negara yang dikenal sebagai Negara paling tidak korup di muka bumi ini mampu mengungguli Negara-negara maju lainnya dari segi kualitas pendidikan yang dimilikinya. Terbukti dengan berhasilnya Finlandia dalam mengalahkan 40 negara di dunia dalam menghasilkan anak cerdas berdasarkan survey PISA yang dilakukan oleh OECD tahun 2003 silam. Tak hanya unggul dalam mendidik anak-anak normal, anak-anak berkebutuhan khusus pun sanggup mereka sukseskan dalam hal pendidikannya. Keren, bukan!

Ternyata, dibalik kesuksesannya tersebut ada beberapa rahasia yang menjadikan sistem pendidikan di Finlandia berkualitas mumpuni. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Hanya anak yang sudah berusia 7 tahun yang bisa masuk Sekolah Dasar

finland kids 7yo, sistem pendidikan, sistem pendidikan nasional, sistem pendidikan di indonesia, sistem pendidikan indonesia

Wacana tentang batas minimal usia anak saat masuk Sekolah Dasar sempat menjadi pembicaraan hangat di Indonesia, dalam Undang-Undang Sisdiknas dinyatakan bahwa batas minimum usia masuk SD adalah 6 tahun. Di Finlandia, batas usia masuk SD adalah 7 tahun, jika di bawah usia itu maka anak belum bisa diperbolehkan untuk sekolah.

Jika di Indonesia para orangtua sudah khawatir tentang sekolah anaknya meskipun baru berusia 3 tahun, para orangtua di Finlandia tidak pernah merasa khawatir akan hal ini karena menurut hukum, anak-anak baru boleh mulai bersekolah ketika berumur 7 tahun. Mereka yakin bahwa kesiapan mental anak-anak dalam belajar sangatlah penting. Kegiatan bermain dalam belajar, berimajinasi dan menemukan jawaban sendiri (mandiri) sangat ditekankan oleh para orangtua dan pendidik di Negara ini.

Sebagian daerah di Indonesia bahkan ada yang sudah mengajarkan calistung pada anak usia dini, tetapi di Finlandia anak-anak usia dini lebih didorong untuk lebih banyak bermain dan bersosialisasi dengan teman sebayanya dibanding harus menulis dan berhitung. Tak hanya itu, penilaian tugas bahkan tidak ada sama sekali hingga mereka kelas 4 SD. Hingga anak SMA pun, mereka masih akan tetap mendapatkan metode pembelajaran melalui permainan interaktif yang dominan.

Dengan sistem pembelajaran yang dianutnya, para pelajar di Finlandia menjadi terbiasa menemukan cara pembelajaran yang efektif bagi mereka sendiri, sehingga mereka jadi tidak merasa terpaksa dalam belajar. Tak heran jika pelajar usia 15 tahun di Finlandia sudah berhasil dalam tes interatinal Programme for International Student Assessment (PISA) mengalahkan Negara lain.

45 menit belajar, 15 menit istirahat

finland break, sistem pendidikan di jepang, sistem pendidikan islam, sistem pendidikan di finlandia, pendidikan di finlandia, negara finlandia

Setiap pelajar di Finlandia memiliki hal waktu istirahat selama 15 menit dari waktu 45 menit belajar. Mereka yakin bahwa kemampuan menyerap ilmu bisa didapatkan dengan maksimal dengan memberikan kesempatan otak untuk beristirahat dan membangun sistem fokus baru. Tak hanya membantu kemampuan anak dalam fokus pada pelajaran, kegiatan istirahat selama 15 menit sekali juga berpengaruh terhadap kesehatan. Anak jadi lebih banyak bergerak dibanding hanya duduk di kursi mendengarkan teori.

Sekolah Negeri bebas biaya, Sekolah Swasta tetap terjangkau

finland sn dan ss

Di Indonesia, sekolah swasta dikenal dengan biaya sekolah yang cukup mahal sehingga hanya bisa dimasuki oleh anak-anak kalangan borjuis saja. Di Finlandia, semua Sekolah Negeri dibebaskan dari biaya dan sekolah swasta tetap diawasi dan diatur secara ketat agar tetap bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Saking ketatnya, tidak banyak sekolah swasta yang beridiri di Negara ini, hanya ada segelintir sekolah swasta yang bisa dihitung jari itupun berbasis agama.

Negara Finlandia berkomitmen untuk menyediakan pendidikan gratis dan berkualitas bagi semua kalangan, bukan memberikan subsidi pada mereka yang membutuhkan. Sehingga para orangtua tidak harus pusing memilih sekolah yang bagus, karena semua sekolah di sana setara bagusnya. Tidak ada kompetisi antar sekolah, reformasi pendidikan pada tahun 1970 membuat evaluasi atau ranking sekolah menjadi ditiadakan.

Semua faslitias pendukung pendidikan, gratis!

finland lunch

Tak hanya biaya pendidikan yang gratis, pihak pemerintah bahkan memberikan fasilitas pendukung proses pembelajaran seperti makan siang, biaya kesehatan dan angkutan sekolah secara cuma-cuma.

Semua Pendidik (Guru) Disekolahkan Sampai Meraih Gelar Master

finland master

Hebatnya, semua guru di Finlandia dibiayai pemerintah hingga mereka bisa meraih gelar Master. Tidak peduli jenjang SD atau SMA, semua guru di Finlandia diwajibkan memegang gelar master yang disubsidi penuh oleh pemerintah dan memiliki tesis yang sudah dipublikasi. Profesi Guru di Finlandia menjadi salah satu pekerjaan paling bergengsi, pendapatannya pun cukup fantastis yakni lebih dari 2 kali lipat gaji guru di Amerika Serikat. Dan pendapatan Guru menjadi sumber pendapatan tertinggi di Negara ini dibanding profesi lain.

Ujian Nasional dianggap tidak perlu

finland no exam

Kredibilitas dan mutu tenaga pengajar yang tinggi memungkinkan pemerintah menyerahkan tanggung jawab membentuk kurikulum dan evaluasi pembelajaran langsung kepada guru. Ujian Nasional pun dianggap tidak perlu karena pemerintah meyakini bahwa guru adalah orang yang paling mengerti kurikulum dan cara penilaian terbaik yang paling sesuai dengan siswa-siswa mereka.

SD hanya sekolah 4-5 jam sehari, SMP-SMA sudah seperti bangku kuliah

finland sd

Tidak hanya punya waktu istirahat berkala, jam sekolah di Finlandia juga relatif lebih singkat dibanding Negara lain. Pelajar SD kebanyakan hanya belajar 4-5 jam /hari di sekolah, pelajar SMP-SMA sudah mengikuti pembelajaran layaknya bangku perkuliahan. Mereka hanya datang pada jadwal pelajaran yang mereka pilih sendiri, sehingga mereka tidak pernah merasa terpaksa untuk datang ke sekolah. Singkatnya jam pelajaran telah mendorong mereka untuk menjadi pelajar yang produktif.

finland smp sma

Di awal semester, biasanya guru meminta mereka menentukan target pembelajaran mandiri, sehingga ketika masuk kelas mereka tidak sekedar tahu dan siap tetapi juga berlatih sabar dalam memulai proyek belajarnya.

Tidak ada sistem Ranking

finland no ranking

Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu sekolah dan guru secara seragam dan merata di Finlandia berujung pada satu harapan bahwa semua pelajar di Finlandia dapat menjadi pintar, tanpa terkecuali. Oleh karena itu, mereka tidak mempercayai sistem ranking atau kompetisi yang pada akhirnya hanya akan menghasilkan ‘sejumlah siswa pintar’ dan ‘sejumlah siswa bodoh’.

Meskipun ada bantuan khusus untuk siswa yang kurang mampu, tetapi mereka tetap ditempatkan dalam kelas dan program yang sama, bahkan tidak ada yang namanya program akselerasi. Pembelajaran di sekolah berlangsung secara kolaboratif, anak dari kelas-kelas berbeda pun sering bertemu dalam sebuah kelas campuran. Strategi ini terbukti berhasil karena saat ini Finlandia adalah negara dengan kesenjangan pendidikan terkecil di dunia. Bagaimana dengan Indonesia?

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak suka corat-coret dinding

Anak Suka Corat-coret Dinding? Ternyata Kebiasaan Ini Punya Manfaat Tinggi, Lho!

Corat-coret dinding menjadi kebiasaan yang sering dilakukan ...
suami workaholic

Tips Ampuh Biar Tak Makan Hati Menghadapi Suami yang Workaholic

Memiliki suami yang workaholic atau kerap menghabiskan ...
perlengkapan bayi diy-3

Ide Kreatif Membuat Mainan DIY untuk Anak di Rumah, Murah dan Edukatif

Mainan anak bisa didapatkan dengan beragam cara. Cara yang ...
kebiasaan yang membuat anak membangkang

Bukannya Jadi Penurut, 4 Kebiasaan Ini Malah Membuat Anak Suka Membangkang

Memiliki anak yang bisa menuruti perkataan orang tua tentu ...
kata ajaib mendidik anak

Bunda, Yuk Ajari Anak 3 Kata Ajaib untuk Pembentukan Karakter yang Baik

Tidak ada sekolah yang mengajari seorang ibu dalam mendidik ...
bayi kembar identik dan tak identik

Kenapa Bayi Kembar Bisa Lahir dalam Kondisi Identik dan Tidak Identik? Ini Alasannya

Memiliki bayi kembar menjadi karunia sangat besar bagi ...
sabar menghadapi anak

Merasa Di Ambang Kesabaran Saat Mendidik Anak? Ingat 6 Hal Ini, ya Bunda

Menjadi orang tua dan tugas mendidik anak bukanlah hal yang ...
manfaat berolahraga anak jadi lebih cerdas

Bunda, Mengajarkan Anak untuk Berolahraga Ternyata Mampu Tingkatkan Kecerdasan, Lho!

Banyak cara yang dapat bunda lakukan kalau ingin ...
anak mendapat nilai jelek di sekolah

Anak Dapat Nilai Jelek di Sekolah? Ini Hal yang Perlu Bunda Lakukan

Memiliki anak pintar dan berprestasi menjadi impian setiap ...
gaya belajar anak zaman now

Bunda Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Gaya Belajar Anak Zaman Now

Cara mendidik anak zaman now tentu harus berbeda dengan ...