Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Surga Baru Bagi Pejalan Kaki

February 25th, 2017

Foto: http://www.spotpedia.id/

Foto: http://www.spotpedia.id/

Wisatawan dan masyarakat kini sudah bisa merasakan sensasi baru yang unik saat berkunjung ke Kota Bandung, Jawa Barat. Terutama saat Anda berada di kawasan Jalan Cihampelas setelah hadirnya Teras Cihampelas atau populer dengan sebutan Skywalk Cihampelas.

Skywalk Cihampelas diresmikan oleh wali kota Bandung, Ridwan Kamil pada hari Sabtu, 4 Februari 2017 lalu, dan telah mengundang antusiasme yang besar dari masyarakat kota Bandung sendiri, juga dari luar kota Bandung. Skywalk Cihampelas di bangun di atas jalan raya Cihampelas yang terkenal dengan keramaiannya, proyek ini menghabiskan dana hingga Rp45 milyar dengan jalan laying sepanjang 450 meter dan lebar 7 meter Siapapun yang berkunjung ke sini pasti akan merasa terkagum-kagum karena suguhan dekorasinya yang cantik dengan perpaduan antara alam dan unsur modern.

Di kawasan teras Cihampelas ini wisatawan bisa berbelanja dan membeli buah tangan khas Kota Kembang, sebab ada sekitar 182 pedagang kaki lima (PKL) yang dibagi ke dalam tiga zona, yaitu kuliner, suvenir, dan taman. Seperti tujuan pembuatannya, Skywalk dirancang khusus bagi pejalan kaki dan pedagang kaki lima agar lebih leluasa kenyamannya.

Foto: www.mbandung.com

Foto: www.mbandung.com

Seperti namanya, Skywalk Cihampelas mengharuskan para pelancong berjalan kaki karena tidak ada sepeda motor, mobil bahkan sepeda sebagai alat transportasi untuk bisa menikmati tempat tersebut. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan proyek ini merupakan satu-satunya di Indonesia bahkan di dunia dengan konsep jalan di atas jalan raya dan berisi pedagang kaki lima serta dikelilingi pepohonan, berbeda dengan skywalk yang ada di New York.

Foto: photo.jpgm.co.id

Foto: photo.jpgm.co.id

Foto: www.balebandung.com

Foto: www.balebandung.com

Pria yang sering disapa Kang Emil itupun mengatakan bahwa pembangunan ini merupakan salah satu impian karena bisa mengurangi kemacetan di sepanjang Jalan Cihampelas, lantaran pedagang kaki lima atau PKL dan memberikan solusi yang menguntungkan bagi keduanya. Menurutnya penataan kota saat ini haruslah kreatif, karena membangun tidak hanya harus di bawah tanah tapi juga bisa di atas tanah. Ia berharap siapapun yang datang ke Bandung bisa bahagia, khususnya bagi orang Bandung itu sendiri. Terlebih lagi, area teras Cihampelas ini dibuat ramah untuk kalangan difabel. Salam Bandung Juara!

Foto: Kevin Kurnianto/kumparan

Foto: Kevin Kurnianto/kumparan

 

Skywalk area 6

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler