SMAN 1 Baleendah – Sekolah Bertaraf Internasional Satu-Satunya & Terfavorit di Kabupaten Bandung

gdg beSMA Negeri 1 Baleendah merupakan sekolah yang didirikan pada tahun 1975 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor: 0274/O/1975 dengan nama asal Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan Negeri (SMPPN) 37 Bandung yang berlokasi di Bandung selatan. Sekitar tahun 1985, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 0353/O/1985 nama SMPPN 37 Bandung kemudian dirubah menjadi SMA Negeri (SMAN) Baleendah yang beralamat di Jl. RAA Wiranatakusumah nomor 30 Baleendah Kabupaten Bandung.

SMA Negeri 1 Baleendah merupakan satu-satunya SMA di Kabupaten Bandung yang ditunjuk untuk mengembangkan program rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) melalui Surat Keputusan Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional nomor 697/C4/MN/2007, tanggal 18 Juli tahun 2007. Tak heran jika sekolah ini selalu menjadi favorit para calon siswa dan siswi dari berbagai daerah di Kabupaten Bandung.

Sejak tahun berdirinya hingga sekarang, SMA Negeri 1 Baleendah telah merintis, mendirikan, dan membina beberapa sekolah-sekolah baru yang kemudian berdiri sendiri menjadi sekolah negeri. Di antara sekolah-sekolah yang pendiriannya dirintis oleh SMA Negeri 1 Baleendah adalah:

  1. SMA Negeri Buah Batu (tahun 1980 – 1981) yang kemudian menjadi SMA Negeri 25 Kota Bandung.
  2. SMA Negeri Banjaran (tahun 1985 – 1986).
  3. SMA Negeri Ciparay (tahun 1986 – 1987)
  4. SMA Negeri Dayeuhkolot (tahun 2004 – 2007)
  5. SMA Negeri Bojongsoang (tahun 2004 – 2007)

Dalam rangka penyelenggaraan perintisan sekolah bertaraf internasional, SMA Negeri 1 Baleendah memanfaatkan daya dukung sarana dan prasarana yang memadai, di antaranya:

  1. Setiap ruang kelas SBI dilengkapi dengan: 1 unit komputer canggih berfasilitas internet, 1 unit pesawat televisi 29”, 1 unit LCD (permanen), 1 unit big screen projector, 2 unit big white board, Locker pribadi siswa, Soket-soket koneksi internet bagi siswa yang membawa laptop, Kipas angin.
  2. Dua unit laboratorium komputer.
  3. Laboratorium multimedia.
  4. Laboratorium bahasa.
  5. Laboratorium IPA (fisika, kimia, biologi)
  6. Perpustakaan.
  7. Bahan ajar moduler dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  8. Bahan ajar elektronik (CD/software pembelajaran).
  9. Layanan web site melalui situs sekolah.
  10. Pusat kegiatan siswa
  11. Sarana ibadah / masjid, dan lain-lain.

Tak hanya itu SMAN 1 Baleendah sejak dirintis sebagai Sekolah Bertaraf Internasional telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah adanya pertukaran pelajar dan guru baik antarkabupaten, antarprovinsi hingga antarnegara. Program ini sudah berjalan hampir 2 tahun, tahun sebelumnya (2014) pihak SMAN 1 Baleendah mengadakan pertukaran pelajar ke Kabupaten Bandung Barat, tahun ini (2015) 5 orang siswa dan 3 orang guru teladan mengikuti pertukaran pelajar dengan SMAN 1 Teladan Yogyakarta. Tahun berikutnya, pihak sekolah sudah menjalin nota kesepahaman (MoU) dengan SMA di Turki. Sebagai bentu keseriusannya, pihak sekolah sudah menyiapkan 6 orang siswa untuk mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa dari organisasi pendidikan Turki, Pasiad.

Di SMAN 1 Baleendah juga terdapat berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti, antara lain: OSIS, Orbit, Pramuka, Paskibra, PMR, Arupadatu, Basket, Futsal, Karate, Taekwondo, Tari, Kesundaan, Paduan Suara, Teater, Wirausaha, Madmax, Karbit, English Club, KIR. Salah satu ekstrakuler yang selalu menjadi favorit dan mendapatkan berbagai kejuaraan adalah Basket.

Sekolah yang dipimpin oleh Drs. H. AA. Sudaya (2005-sekarang) ini telah menyediakan fasilitas Wi-Fi di setiap kelas juga infocus untuk memudahkan siswa dalam belajar. Mereka kini lebih mengedapankan aktivitas kemandirian siswa dibanding peran guru di dalam mengajar. Peran Guru hanya mengarahkan, mengawasi dan membimbing setiap siswa dan siswinya. Anda tertarik untuk memasukkan anak Anda ke (SBI) SMAN 1 Baleendah? Kunjungi situsnya di sini www.sman1baleendah.sch.id untuk informasi lebih lanjut.

sman 1 be

basket sman 1 be

pertukaran pelajar sman1be

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE