Solusi Jika Anak-Anak Tidak Suka dengan Buah

picky-eater-fruit-e1337783222779Anak tidak menyukai buah bisa jadi membuat Anda gelisah, bagaimana tidak? Banyak asupan gizi yang terkandung di dalam buah, namun anak Anda tidak menyukainya, sungguh satu hal yang bisa jadi memang perlu dikhawatirkan, terutama bagi anak Anda yang sedang dalam usia tumbuh dan berkembang.

Apa yang terjadi sebenarnya bukan hal yang asing, di luar sana, banyak contoh anak-anak yang tidak suka dengan buah, bahkan hal seperti ini mereka bawa hingga mereka dewasa, mereka pun tetap tumbuh seperti orang biasa, sehat dan normal. Karena bisa jadi mereka mengambil asupan gizi dari buah dengan makanan atau sayuran lain.

Sebenarnya, pola makan pada anak-anak ditentukan oleh bimbingan Anda sendiri sejak dia kecil. Jadi semenjak kecil memang rasanya perlu diperkenalkan dengan buah-buahan. Pada nantinya bisa jadi anak Anda mendapat pengaruh untuk suka atau tidak suka dengan buah-buahan dari teman sepermainannya.

Anak-anak tipe seperti ini sangat variatif, bisa jadi mereka suka dengan sebagian buah, dan tidak suka dengan sebagian buah lainnya. Atau ada juga yang sama sekali tidak menyukai buah segala jenis apapumn. Anda tak perlu khawatir jika si kecil tidak suka buah-buahan. Ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk mulai membiasakan anak Anda dengan memakan buah-buahan, berikut ini adalah trik-triki yang bisa Anda coba:

Coba dengan Meminum Jus

Bahan dasar minuman segar jus adalah buah-buahan. Nah, di saat siang hari yang panas dan di saat anak Anda dahaga, cobalah dengan meminum jus jeruk misalnya yang menyegarkan, anak-anak pasti menyukainya. Jus dengan buah lain juga boleh lho, mulailah dengan rasa yang familiar, jeruk, strawberry, melon, mangga atau rasa buah lainnya.

Beri Pengertian Kalau Rasa Buah sangat Familiar

Anda semestinya juga harus memberi tau bahwa rasa buah sebenarnya tak jauh dari makanan yang pernah dia makan sebelumnya, permen misalnya, atau sejenis minuman rasa lain. Dengan begini, anak-anak nantinya perlahan-lahan pasti akan mau mencoba buah karena rasanya sudah sangat familiar. Ada beberapa penyebab kenapa anak tidak suka buah, karena rasanya yang pahit (kecut) atau dari bentuknya (kulit) yang terkadang membuat anak Anda merasa jijik dan takut.

Sajikan dengan Kondisi Dingin

Buah disukai karena kesegarannya, dengan keadaan buah yang dingin ini akan membuat anak Anda yang mungkin baru merasakan buah untuk pertama kalinya akan mendapatkan rasa segar dan begitu menyukainya.

Sajikan Bersama Kue

Kue dengan kandungan buah-buahan alami (tanpa diolah menyatu dengan kue tersebut) kini banyak ditemukan, ini juga bisa jadi alternatif dihidangkan untuk anak Anda.

Beri Pengertian akan Manfaatnya

Bujuk rayu untuk anak agar makan buah bisa dengan cara memberi tau akan manfaat dari buah-buahan itu sendiri, misalnya bisa menyehatkan tubuh, bisa membuat lebih tinggi. lebih cerdas, lebih gemuk dan sehat. Pasti dengan ini anak Anda mungkin bisa menyukai buah.

Itulah beberapa trik bagaimana membiasakan anak untuk mengkonsumsi buah-buahan yang sebenarnya memang sangat diperlukan pada masa tumbuh kembangnya, semoga bermanfaat ya

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE