STOP! Ini Bahayanya Jika Cium Anak di Area Bibir

stop-mencium-bibir-anakSebagai orangtua, baik ibu maupun ayah, seringkali meminta anak balitanya untuk mencium daerah pipi, kening bahkan bibir. Hal ini tak hanya sering dilakukan pada anak balita, namun juga pada bayi. Mencium anak memang boleh-boleh saja, namun sebaiknya hindari mencium pada area bibir. Di beberapa Negara termasuk Indonesia, mencium bibir anak saat melepas mereka di gerbang sekolah tak jarang banyak dijumpai. Bahkan hal ini sudah menjadi seperti adat bagi orang barat seperti Amerika.

Dr Charlotte Reznick, seorang penulis sekaligus psikolog pendidikan dan anak di Universitas California Los Angeles, UCLAmemberikan komentarnya di The Stir, pada tahun 2010 mengenai efek buruk jika terlalu sering mencium anak-anak di area bibir. Di Amerika sendiri pendapat dari Reznik ini memicu banyak komentar pro dan kontra oleh dari para orang tua khususnya di dunia maya, terutama di Amerika, dimana kebiasaan mencium anak di bibir lazim dilakukan oleh para orang tua di sana. Namun dibalik pro kontra tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja bahayanya mencium anak di area bibir ini, berikut ulasannya.

Mengundang Syahwat

Bibir merupakan area sensitif dan maka dari itu bisa mengundang syahwat. Saat seorang anak mencapai usia 4 – 6 tahun, pada rentang usia ini ternyata kesadaran seksual anak mulai muncul (bahkan pada beberapa anak kesadaran seksualnya muncul lebih awal, bisa muncul pada usia 2 atau 3 tahun) dan ciuman dibibir akan mendorong kesadaran seksual (syahwat) mereka secara tidak disadari.

Mencium pipi merupakan bentuk kasih sayang orangtua pada anaknya. Sehingga hal ini tentu saja diperbolehkan untuk sering-sering dilakukan. Sedangkan mencium anak di area bibir sebaiknya mulai dihentikan jika Anda sudah terbiasa melakukannya bersama si kecil.

Banyak Kuman

Ada bayi yang terkena penyakit karena sering dicium bibirnya. Ingatlah bahwa mulut bisa mentransfer kuman melalui sebuah ciuman di area bibir, karena kuman tersebut bisa masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, marilah mulai sekarang kita hentikan mencium anak di area bibir.

Itulah beberapa hal penting seputar mencium anak di area bibir yang perlu kita ketahui efek buruknya. Jika Anda bertanya, kapan harus mulai berhenti mencium anak di area bibir, maka jawabannya adalah SEKARANG!