Stop Kebiasaan Buruk Anak!

kebiasaan menghisap jempolBeberapa kebiasaan buruk dapat membuat dampak yang buruk pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Oleh karena itu penting untuk mendorong anak-anak untuk berhenti dari kebiasaan buruk mereka sedini mungkin.

Anak-anak mengembangkan kebiasaan buruk pada usia yang sangat muda. Beberapa kebiasaan buruk memudar seiring berjalannya waktu, namun yang lainnya ada yang tetap menjadi kebiasaan. Kebiasaan buruk menghambat pertumbuhan mental dan fisik normal anak Anda. Itu hanya pemborosan waktu dan energi dan juga mengganggu. Sebagai orang tua, Anda dapat mencoba untuk membantu anak Anda menyingkirkan kebiasaan buruk sedini mungkin.

Berikut ini 10 kebiasaan buruk pada anak-anak dan tips untuk mendorong anak-anak agar menghentikan kebiasaan tersebut.

Menggigiti Kuku

Banyak anak menggigit kuku mereka ketika mereka merasa tidak aman, cemas atau gugup. Lama kelamaan hal itu menjadi kebiasaan mereka.

Sarankan anak-anak Anda menggerak-gerakkan jari-jari mereka setidaknya selama 10-20 detik, setiap kali sebelum mereka menggigit kuku mereka.

Menarik Rambut

Kebiasaan ini lebih sering ditemukan pada anak perempuan. Hal ini dapat mengakibatkan rambut rontok. Mereka melakukannya cukup sering ketika mereka bosan.

Biasanya untuk mengatasi anak-anak dengan kebiasaan ini adalah dengan memberikan anak Anda kegiatan yang menarik dan bermakna sehingga dia tidak bosan.

Menjelajahi dan Menyentuh bagian Pribadi

Anak-anak suka menyentuh dan mengeksplorasi tubuh mereka. Mereka merasa nyaman ketika mereka menyentuh bagian pribadi mereka. Tapi itu menjadi sangat memalukan ketika mereka melakukannya di depan umum.

Jangan membuat anak Anda merasa bersalah tentang hal itu. Cobalah untuk mengalihkan perhatian anak ketika dia melakukannya di depan umum.

Mengisap Jempol

Beberapa anak-anak mengisap ibu jari mereka ketika mereka merasa mengantuk atau lelah. Ini memberi mereka banyak kenyamanan ketika mereka melakukan itu. Namun kebiasaan ini dapat mengakibatkan nyeri atau infeksi pada ibu jari dan masalah gigi.

Solusinya buatlah anak merasa aman. Membuatnya sibuk. Biarkan dia banyak bermain. Berikanlah reward ketika dia tidak mengisap ibu jarinya. Anda juba bisa mencoba mengoleskan jus alami dari tumbuh-tumbuhan yang rasanya pahit pada ibu jari. Mereka tidak akan menyukai rasanya dan berhenti mengisap jempol.

Mengupil di Tempat Umum

Anda mungkin merasa sangat jengkel jika Anda melihat anak Anda mengorek-ngorek hidungnya di depan umum dan kemudian mengupil dan menyekanya di dinding atau lantai.

Beritahu anak Anda itu adalah hal yang buruk untuk dilakukan dan ajarkan dia untuk membersihkan hidungnya secara pribadi dan membuang kotoran atau ingus dalam kertas tisu.

Ngemil Sepanjang Waktu

Beberapa anak memiliki kebiasaan mengunyah camilan sepanjang hari. Efeknya mereka tidak merasa lapar ketika waktu makan. Kebiasaan ngemil sebelum waktunya dapat menyebabkan obesitas pada anak-anak.

Mulailah mengatur jadwal yang tepat untuk makan. Menawarkan kepadanya makanan ringan yang berisi dan bergizi dan menjauhkannya dari junk food.

Sering Bohong

Anak-anak biasanya berbohong untuk melarikan diri dari hukuman.

Jangan memarahi mereka ketika mereka berbohong. Coba beri tahu mereka bahwa bohong adalah hal yang salah untuk dilakukan dan berilah pujian atau penghargaan ketika mereka berbicara kebenaran.

Menuntut

Sering Anda akan menemukan anak-anak Anda menuntut untuk dibelikan mainan atau hadiah. Jangan biarkan hal ini menjadi kebiasaan.

Jangan selalu menyerah pada tuntutan mereka. Cobalah belajar mengatakan ‘Tidak’.

Menggunakan Bahasa Kasar

Anak-anak mulai menggunakan bahasa kasar atau buruk ketika mereka sangat marah tentang sesuatu dan mereka juga merasa itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Anda perlu menghentikan kebiasaan ini sedini mungkin. Sebagai orang tua hindari menggunakan kata-kata buruk atau kasar di depan mereka. Anak-anak belajar dari Anda.

Tindakan Anda lebih penting daripada kata-kata Anda. Jika Anda ingin anak-anak Anda menyingkirkan kebiasaan buruk mereka, pastikan Anda bertindak untuk menjadi contoh teladan yang baik bagi mereka.

Disunting dari : http://www.indiaparenting.com/manners-and-discipline

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE