Sup Buah – Menu Takjil Sehat Saat Bulan Puasa

sup buah, sup buah, sop buah, es buah, es buah segar, sop buah segar, es buah campur, buah segar, es segar, resep sop, cara membuat sop, resep es buah segar, resep es buah, cara membuat es buah, resep sop buah, cara buat es buah, cara membuat sop buah, gambar es buah, cara bikin es buah, cara membuat es buah sederhanaBagi umat Islam, Ramadhan adalah bulannya ibadah. Salah satu ibadah khusus di bulan ini adalah melaksanakan puasa. Meskipun bulan puasa masih terhitung beberapa minggu lagi, tak ada salahnya Anda sudah mulai mempersiapkan menyambut bulan Ramadhan dengan catatan menu-menu takjil yang istimewa bagi keluarga.

Terkadang, menu-menu standar seperti kolak membuat anggota keluarga bosan mencicipi menu-menu takjil yang itu-itu lagi. Solusinya, variasikan menu takjil dengan jangka waktu 2-3 hari dengan menu yang sama lalu selanjutnya Anda bisa menggantinya dengan menu takjil yang baru. Seperti resep menu takjil Sup Buah berikut ini.

Selain menyegarkan, menu buah-buahan di menu takjil atau sahur sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Selain gampang dicerna oleh tubuh, buah dan sayur juga akan tetap menjaga asupan nutrisi dan gizi menjadi seimbang. Beberapa manfaat buah segar di antaranya:

  • Memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga bisa mengganti cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa.
  • Kandungan gulanya alami, seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa yang dapat mengembalikan kadar gula darah tetap stabil.
  • Kandungan karbohidrat di dalam buah bisa menjadi simpanan energi instan bagi tubuh.
  • Vitamin dan mineral dalam buah-buahan sangat penting untuk menjaga metabolism tubuh saat menjalankan puasa.
  • Buah-buahan memiliki kandungan natrium yang rendah sehingga akan tetap menjaga tekanan darah, tekanan osmotik darah tanpa meningkatkan tekanan darah, mengurangi resiko batu ginjal dan mengurangi terjadinya pengeroposan tulang.
  • Serat pangan yang ada di dalam buah akan memberikan rasa kenyang sehingga tidak akan membuat kita menyantap berbagai makanan saat berbuka secara berlebihan. Jika buah-buahan dikonsumsi saat sahur, dapat membantu pelepasan gula lebih lambat sehingga tubuh bisa berenergi lebih lama dan menjaga untuk tidak cepat merasa lapar.
  • Kandungan antioksidannya seperti karoten dan antosianin berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas.
  • Manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi resiko penyakit jantung, melindungi tubuh dari kanker, menegah diabetes dan resiko obesitas.

Resep Menu Takjil: Sup Buah

Bahan-bahan

100 gram buah strawberry (potong menjadi 2 atau 4 bagian per buah)
100 gram buah anggur (potong menjadi 2 bagian per buah, buang bijinya)
150 gram buah melon (potong bentuk dadu)
150 gram apel manis (potong bentuk dadu)
150 gram nangka (potong sesuai selera)
150 gram biji selasih (jika suka)
150 gram nata de coco
2 sdm air jeruk nipis
600ml susu rendah lemak (bisa menggunakan susu UHT low fat)
35gr madu (secukupnya)
175 gram jus apel (bisa di skip)
70 gram youghurt plain
Es batu secukupnya

Cara Membuat

Campurkan semua bahan di atas menjadi satu dalam sebuah wadah besar, menu takjil Sup Buah siap dihidangkan untuk 6 porsi.

Selain resep diatas kebanyakan orang di Internet akan mencari kata-kata berikut; takjil, menu takjil buka puasa, takjil buka puasa, resep buka puasa, resep menu buka puasa, resep masakan buka puasa, makanan buka puasa, makanan untuk buka puasa, menu buka puasa, menu untuk buka puasa, menu buka puasa hari ini, menu buka puasa yang sehat, sup buah, hidangan buka puasa, buka puasa, menu takjil.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE