Tahukah Bunda, Bantal Bayi Ternyata Punya Efek Berbahaya Bagi Si Kecil

Hampir semua orang tua membiasakan untuk memakai bantal bagi bayi yang baru lahir. Bentuk bantal tersebut pun beragam. Ada yang berbentuk U, ada pula yang berbentuk seperti bantal orang dewasa. Namun, tahukah bunda, bahwa pemakaian bantal untuk bayi sangat tidak direkomendasikan oleh para praktisi kesehatan?

efek berbahaya bantal bayi

Seperti dikutip dari Alodokter, pemakaian bantal pada bayi ternyata bisa menimbulkan efek berbahaya. Bahkan, para tenaga kesehatan lebih menyarankan kepada para orang tua untuk membiasakan agar si kecil, terutama bayi yang baru lahir, tidak menggunakan alas kepala apapun ketika tidur.

Alasan Kenapa Pemakaian Bantal untuk Bayi Sangat Berbahaya

Saran yang diberikan oleh para tenaga kesehatan untuk tidak menggunakan bantal bayi itu bukan tanpa alasan. Apalagi, pemakaian bantal bisa berdampak serius sehingga membuat bayi kehilangan nyawanya. Duh, ngeri sekali ya, bunda.

– Bantal yang digunakan pada bayi berpotensi untuk menimbulkan sesak napas pada si kecil. Kalau sampai hal ini terjadi, bunda akan kesulitan untuk memberi pertolongan.

– Ketika ada kerobekan pada kulit bantal, isinya akan keluar. Hal ini bisa mengakibatkan isi bantal itu masuk ke mulut bayi. Isi bantal itu pn bisa membuat si kecil tersedak dan mengalami kesulitan pernapasan.

– Secara khusus ketika bunda menggunakan bantal berbentuk U, ada kemungkinan bayi akan mengalami kesulitan ketika memutar kepala. Apalagi, bayi yang sering mengalami muntah atau gumoh. Kalau dibiarkan, gumoh atau muntahan itu akan tertelan kembali ke tubuh bayi.

– Terakhir, pemakaian bantal oleh para tenaga kesehatan, dianggap memiliki keterkaitan erat dengan sindrom kematian mendadak pada bayi yang disebut Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS.

Lalu, bagaimana kalau masih ingin menggunakan bantal? Boleh saja sih, bun. Namun, ada hal yang harus bunda perhatikan. Misalnya, pemakaian bantal harus dalam pengawasan orang dewasa. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan bantal ketika anak tidur dalam kondisi tanpa pengawasan.

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan bantal yang dilengkapi dengan hiasan manik-manik, rumbai, atau kancing. Pilih bantal polos yang terlihat sederhana. Meski tidak terlihat lucu, tapi bantal jenis ini lebih aman bagi bayi.

Semoga bermanfaat, ya bunda.