Tak Hanya Mencari Nafkah, Seorang Ayah Juga Berperan Penting Bangun Kecerdasan Anak

April 5th, 2018

Tugas utama dari seorang laki-laki dalam keluarga adalah mencari nafkah. Namun, kesibukan mencari nafkah tersebut tidak secara langsung menggugurkan kewajiban lain. Salah satunya adalah membangun anggota keluarga yang cerdas.

Berdasarkan hasil riset, seorang ayah memiliki peran besar untuk mendidik anak yang cerdas. Sebanyak 63% anak yang tanpa peran seorang ayah, memiliki kecenderungan depresi, fobia, dan suasana hati yang gampang berubah. Selain itu, 56% punya daya tangkap yang rendah, dan 45% anak cenderung bersikap agresif.

ayah dan anak

Lalu, bagaimana sikap yang harus diperlihatkan oleh seorang ayah agar anak tidak mengalami hal yang tidak mengenakkan tersebut? Ada 5 aktivitas yang perlu dilakukan oleh ayah, yaitu:

1. Sediakan waktu makan bersama keluarga

Cara pertama yang bisa ayah lakukan adalah dengan menyempatkan waktu untuk makan bersama anak. Tidak harus selalu hadir, paling tidak dalam sehari, ayah bisa menyempatkan satu kali kehadiran di meja makan bersama anak. Bisa memilih waktu pada pagi atau malam hari.

2. Selalu tampakkan rasa kasih sayang di depan anak

Mengekspresikan rasa sayang juga menjadi hal yang penting. Cara paling mudah untuk mengekspresikan rasa sayang tersebut adalah dengan menampilkan senyuman. Jangan pasang ekspresi capek atau marah.

Dengan begitu, anak akan merasa nyaman ketika berada di dekat ayah. Mereka akan bisa dengan mudah menceritakan berbagai hal yang telah dialaminya sepanjang hari. Semakin dekat hubungan ayah dengan anak, semakin banyak cerita yang mereka ungkapkan.

3. Selalu luangkan waktu untuk anak

Meluangkan waktu khusus bagi anak menjadi hal penting. Tidak perlu terlalu lama, cukup sekitar 15 atau 30 menit setiap harinya. Di situ, ayah bisa mengobrol berbagai hal, baik yang sepele ataupun bercanda.

4. Seimbangkan waktu antara pekerjaan dengan perhatian untuk anak

Kesibukan kantor memang penting, apalagi hal itu dilakukan untuk keperluan keluarga. Namun, ayah juga harus menyeimbangkan waktu kerja itu dengan perhatian yang dibutuhkan oleh anak.

5. Liburan bersama si kecil

Terakhir, ayah bisa menyempatkan waktu khusus untuk liburan bersama keluarga. Momen ini menjadi hal penting, agar anak bisa merasakan keserasian seluruh anggotanya secara utuh.

Nah, itulah 5 tips penting yang bisa dilakukan oleh seorang ayah dalam perannya untuk ikut mencerdaskan anak. Jangan hanya bergantung pada bunda, ya!

Komentar

BACA JUGA