Tanpa Disadari 6 Macam Pendidikan Untuk Anak Ini Bisa Dilakukan Sekaligus di Bulan Ramadhan

Tanpa Disadari 6 Macam Pendidikan Untuk Anak Ini Bisa Dilakukan Sekaligus di Bulan Ramadhan

Banyak orang menyebutkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan berkah bagi semua orang, tak hanya bagi umat muslim saja tetapi juga menyangkut semua umat manusia di dunia. Selain disebut sebagai bulan berkah, bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan tarbiyah (pendidikan). Mengapa? Tidakkah Anda menyadari bahwa bulan Ramadhan adalah momen langka bagi para orangtua untuk mendidik anak dan menerapkan praktik ibadah. Terlebih lagi di bulan Ramadhan ini orangtua bisa lebih dekat dengan anak-anaknya karena waktu berkumpul bersama keluarga menjadi lebih banyak.

Meskipun anak-anak masih belajar dan belum diwajibkan atasnya untuk berpuasa, sebaiknya mereka tetap diajarkan untuk ikut bangun sahur. Ketika sahur, orangtua bisa menjadi lebih intens lagi dengan anak karena bisa sambil mengobrol sebelum dan sesudah sahur. Orangtua juga bisa mengajak anak sholat berjamaah Terawih di masjid, tadarus alQuran, berbuka puasa bersama keluarga atau anak yatim & duafa, juga diajak bersedakah kepada orang terdekat dan sesame. Dengan begitu anak pun menjadi semangat untuk beribadah dan mengenal nilai-nilai Islam lebih dalam lagi.

Di dalam alQuran surat at-Tahrim ayat 6 menyebutkan bahwa orangtua memiliki kewajiban mendidik anak-anaknya untuk belajar agama. Orangtua bisa mengajarkan enam pendidikan ala Rasulullah SAW, seperti yang disebutkan di bawah ini:

  • Pertama, memperkenalkan ibadah dengan mempraktikkannya bersama-sama.
  • Kedua, memperkenalkan alQuran dengan membaca Iqro atau mengaji bersama baik di rumah maupun di masjid.
  • Ketiga, memperkenalkan perilaku atau akhlak yang baik, tatakrama, juga budi pekerti.
  • Keempat, tentang bagaimana orangtua menerapkan hukum dengan lingkungan atau norma-norma sosial.
  • Kelima, menumbuhkan rasa jihad pada anak, seperti kecintaan dalam berpuasa.
  • Keenam, adalah menjaga diri.

Sejak berada di dalam kandungan, anak sudah harus diajarkan tentang agama. Orangtua juga bisa mengajarkan sunnah-sunnah Rasul kepada anak-anak seperti membaca doa-doa sederhana. Misalnya, doa tidur, doa makan, doa berbuka, doa sahur, doa turun hujan, doa memohon kebaikan, doa untuk kedua orangtua, dan doa-doa pendek lainnya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE