Tentang Instagram dan Bagaimana Penggunaannya untuk Anak

instaInstagram kini menjadi salah satu aplikasi smartphone terpopuler saat ini, hampir semua pengguna smartphone menginstall aplikasi Instagram ini. Instagram disukai karena fitur dan penggunaannya sangat sederhana, jadi semua orang bisa menggunakannya termasuk anak-anak.

Kini Instagram juga menjelma tak hanya sekedar aplikasi photo sharing saja, namun hal lain juga bisa dimanfaatkan dengan Instagram, sebut saja sebagai lapak jual beli, media informasi atau media berekspresi menunjukkan bakat via video sharingnya.

Di Instagram juga memungkinkan orang menjadi terkenal karena postingannya yang menarik. Sebut saja Allan Wangsa, seorang selebgram yang dikenal suka memparodikan gaya selebritis, dan akhir-akhir ini Dijjah Yellow karena obsesinya menjadi seorang model terkenal dan kampanyenya untuk memblock Raisa, Ayu Ting-ting dan Agnezmo

Beberapa selebritis Indonesia juga sangat popular di Instagram, sebut saja Raisa yang kini punya followers tertinggi untuk selebritis Indonesia, Raisa selalu memanjakan followersnya dengan foto/video dia yang menyejukkan. Atau Syahrini, meski sering menampilkan keglamourannya, namun Syahrini ini punya pengaruh tersendiri di social media ini. Sudah pernah lihat maju mundur cantik? Atau bayak bunga-bunga? Nah itulah viral social media karena Syahrini.

Nah, dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa dampak dari sebuah postingan atau akun Instagram juga besar, karena keunikan akun atau postingan bisa saja orang langsung terkenal dan menjadi bahan perbincangan, kalau postingan itu baik tidak masalah sebenarnya, namun kalau postingan itu buruk, bisa saja banyak komentar yang mencaci makinya.

Sebenarnya tak ada aturan khusus tentang foto apa saja yang boleh dan tidak boleh diposting pada akun Instagram. Tapi jika penggunanya adalah anak Anda, maka perlu sedikit aturan yang harus Anda wanti-wanti kepada anak Anda tentang sebuah foto yang akan di posting. Sebenarnya ini tidak hanya berlaku di Instagram saja, namun termasuk juga social media yang lainnya. Berikut ini adalah rules atau aturan yang mungkin bisa Anda terapkan untuk anak Anda.

Jangan Posting Foto Pribadi yang Terbuka
Tiap orang punya privasi. Nah untuk itulah Anda perlu memperingatkan anak Anda agar jangan terlalu berani dalam berfoto apalagi mempostingkan di Instagram. Ini mungkin terlalu berlebihan, namun tetap perlu diingatkan untuk anak Anda.

Membiasakan Posting Foto yang Bagus dan Sopan
Semenjak dini, ajarilah anak Anda untuk hanya posting foto yang penting-penting saja. Ajari mereka teknik pengambilan foto yang bagus,

Caption Foto Harus Sopan
Sopan santun dalam bersosial media itu juga penting lho, meskipun di akun social media pribadi sendiri. Biasakan berkata sopan, baik dalam pembuatan status dan caption foto yang akan diposting.

Ketiga hal tersebutlah yang menjadi pedoman untuk anak Anda sebelum menggunakan Instagram. Aturan ini bukan berarti membatasi kreativitas mereka, namun justru bisa mengarahkan anak Anda untuk berbagi akan hal-hal yang baik.