Tepung Kelapa – Pengganti Tepung Terigu Yang Bebas Gula & Gluten

tepung-kelapaTepung kelapa adalah tepung halus yang terbuat dari parutan daging kelapa dari hasil sisa membuat santan yang dikeringkan. Tepung ini bisa digunakan sebagai pengganti tepung gandum bebas gula dan gluten yang kaya akan protein. Produk dengan bahan utama kelapa kini sedang populer dan hits di tahun 2017, mulai dari makanan instan hingga makanan herbal alami banyak memanfaatkan kelapa sebagai bahan utama maupun tambahannya.

Dari sebutir kelapa bisa menghasilkan 2 jenis tepung kelapa yang dihasilkan, yang pertama tepung kelapa rendah lemak (low fat desiccated coconut). Yaitu tepung kelapa yang diambil dulu santan atau minyaknya. Yang kedua adalah tepung kelapa tinggi lemak (hight desiccated coconut) yaitu tepung kelapa yang tidak diambil santan atau minyaknya. Di pasaran, ada banyak tepung kelapa yang kini telah dihasilkan oleh industri-industri besar, namun karena setiap daerah/Negara memiliki tingkat kesuburan dan kualitas kelapa yang berbeda, maka bisa dipastikan bahwa Indonesia adalah Negara sebagai penghasil tepung kelapa terbaik.

Tepung Kelapa Spek

Tepung kelapa 100 % bebas gluten, karena tidak mengandung gluten dalam tepung kelapa, maka tepung jenis ini sangat ideal bagi siapa saja yang intoleransi terhadap gluten. Tepung kelapa juga merupakan makanan yang tinggi serat, mengandung serat sekira 58 % lebih tinggi jika dibandingkan dengan tepung terigu sehingga bisa memenuhi asupan serat harian Anda.

Apa beda santan bubuk dan tepung kelapa?

Jika Anda bertanya, apa yang membedakan antara tepung kelapa dan santan bubuk? Apakah sama? Keduanya memang bisa digunakan untuk bahan santan. Hanya saja, santan bubuk dibuat dari santan cair yang diuapkan sambil dikeringkan dalam suhu tinggi menggunakan mesin spray dryer. Proses ini sama dengan pembuatan susu bubuk dan perlu dilarutkan dengan air hangat sebelum penggunaan. Sementara tepung kelapa dibuat dari kelapa segar parut yang dihilangkan kadar airnya. Kelapa lalu dikeringkan dan dihaluskan menjadi tepung bertekstur halus. Jika teksturnya kasar, di pasaran ini dikenal sebagai dessicated coconut. Kadar lemaknya dapat mencapai hampir 50% dan digunakan dengan cara dicampurkan langsung ke dalam makanan.

Turunkan berat badan & Kontrol Gula Darah

Serat makanan dalam tepung kelapa dapat membantu mengendalikan kadar glukosa sehingga memungkinkan membantu mengontrol gula darah. Makanan serat tinggi dipercaya menjaga perut kenyang lebih lama, dan dengan mengkonsumsi tepung kelapa juga dapat membantu mengontrol berat badan lho. Selain mengandung banyak serat, tepung kelapa juga tinggi protein dan mengandung asam laurat yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kulit. Tepung ini juga mengandung mangan yang membantu dalam penyerapan mineral penting.

Cara menggunakan tepung kelapa

Tepung kelapa sangat cocok untuk digunakan hampir dalam semua resep terutama dalam kue yang dipanggang. Bisa juga digunakan untuk mengentalkan sup atau semur. Walaupun sangat baik untuk kue panggang, namun penggunaan tepung kelapa yang terlalu banyak malah akan menyebabkan kue cenderung lebih kering. Hindari kesalahan dengan tetap berpegang pada apa yang dicantumkan dalam resep. Satu cangkir tepung kelapa (sekira 37,5 gr) sama dengan sekira 1 ons tepung terigu.

Memanggang kue dengan tepung kelapa

Jika resep kue panggang membutuhkan 75 gr tepung terigu, maka gunakan 1 cangkir tepung (gandum, almond, quinoa, atau lainnya) ditambah 1 cangkir tepung kelapa. Tambahkan 1 cangkir cairan (480 ml) untuk setiap 1 cangkir tepung kelapa.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE