Terbiasa Tidur Setelah Makan Sahur? Segera Berhenti Ya, Bunda! Ada Bahaya di Balik Kebiasaan Ini

Hal yang sering dilakukan oleh masyarakat awam di Indonesia adalah memilih tidur setelah makan sahur. Kebiasaan seperti ini ternyata memiliki dampak kesehatan yang buruk. Apalagi, tak menutup kemungkinan kalau bunda tidur setelah sahur, bisa kelewatan waktu subuh.

risiko tidur setelah sahur

Nah, terlepas dari alasan agama, bunda perlu tahu kalau ada 4 risiko kesehatan yang terjadi ketika bunda membiasakan diri tidur setelah makan sahur. Bahaya yang muncul dari kebiasaan ini bisa berdampak dalam waktu singkat, bisa pula berisiko dalam jangka panjang. Empat risiko bahaya tersebut adalah:

1. Obesitas
Tidur setelah makan sahur bisa membuat tubuh mengalami peningkatan berat badan secara signifikan. Ketika bunda memilih tidur setelah makan sahur, tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang baru saja disantap. Jadi, jangan heran kalau tiba-tiba berat badan bunda mengalami peningkatan secara drastis sehabis bulan puasa.

2. Heartburn
Risiko kesehatan berikutnya dari aktivitas tidur setelah makan sahur adalah heartburn. Heartburn muncul sebagai dampak dari refluks asam lambung yang kemudian memunculkan rasa sakit seperti terbakar di area antara ulu hati sampai kerongkongan. Efek itu bisa terjadi karena tubuh dipaksa bekerja terlalu keras yang pada akhirnya berdampak pada terjadinya refluks asam lambung.

3. Refluks asam lambung
Refluks asam lambung tidak hanya menimbulkan heartburn. Di waktu yang sama, refluks yang terjadi karena katup antara perut dan esofagus tidak berada dalam kondisi tertutup secara sempurna ini merupakan salah satu penyebab terjadinya maag. Ketika terjadi secara terus menerus, maag bisa timbul pada tubuh bunda. Selanjutnya, bisa jadi aktivitas puasa bunda akan terganggu karena kemunculan penyakit ini.

4. Stroke
Terakhir dan yang paling berbahaya, kebiasaan tidur setelah makan sahur bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke. Fenomena ini diketahui setelah adanya penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Ionnina Medical School di Yunani. Peningkatan risiko stroke ini merupakan dampak lanjutan yang muncul dari refluks asam lambung.

Nah, setelah bunda mengetahui 4 risiko berbahaya dari kebiasaan tidur setelah makan sahur, masih ingin melanjutkan kebiasaan ini? Pikir lagi, ya bunda.