Terlihat Sepele, Jari Kaki Bayi yang Terlilit Benang Ternyata Bisa Berujung Petaka

Anak kerap mencoba untuk mengisi waktunya dengan bermain menggunakan beragam jenis benda-benda yang ada di sekitarnya. Tak jarang, mereka mencoba untuk melilitkan benang pada bagian tubuhnya, seperti pada jari tangan, kaki, atau pergelangan. Ketika mendapati kejadian seperti ini, bunda perlu waspada. Para ahli kesehatan mewanti-wanti bahwa fenomena yang terlihat sederhana ini ternyata berdampak sangat berbahaya pada si kecil.

Ketika ada benang yang melilit dan mengikat salah satu bagian tubuh si kecil, keberadaannya bakal mengganggu sirkulasi darah yang berjalan dalam tubuhnya. Alhasil, bagian tubuh yang terikat, bakal mengalami kekurangan asupan darah. Dalam dunia medis, fenomena ini disebut dengan nama hair tourniquet dan bisa terjadi pada beberapa anggota tubuh di antaranya lidah, jari tangan, jari kaki, lengan, dan lain-lain.

jari kaki terlilit benang

Secara khusus, anak memang menjadi korban hari tourniquet ini. Penyebab utamanya adalah adanya benang atau rambut yang menjuntai di dalam kaus kaki. Bunda bisa melihat tanda-tanda anak mengalami hair tourniquet dengan cukup mudah. Lihat mimik mukanya, apakah si kecil terlihat memasang muka yang gelisah dan tidak nyaman? Selain itu, bunda juga perlu mengamati apakah ada pembengkakan pada bagian tubuh yang terjerat.

Dalam kondisi yang sangat parah, hair tourniquet membuat

jaringan pembuluh darah

tak bisa mengalirkan darah dengan baik. After that Alhasil, bagian tubuh tersebut akan mengalami pembengkakan dan terjadi perubahan warna menjadi kebiruan. Hal ini menjadi indikasi telah terjadi ischemia pada tubuh si kecil. Selanjutnya, bagian tubuh tersebut akan menjadi sulit digerakkan dan bahkan bisa membuat kulit terluka.

Pada kasus yang ekstrem jari kaki

, peristiwa yang terlihat sepele ini bisa membuat anak kehilangan bagian tubuhnya tersebut. Moreover Ketika kondisi seperti ini dibiarkan secara terus-menerus, maka tenaga kesehatan akan menyarankan untuk melakukan amputasi pada tubuh yang terjerat. Tentu saja, hal seperti ini tidak diinginkan oleh setiap orang tua. Siapa sih yang menginginkan anaknya menjadi seorang yang cacat?

Oleh karena itu, ketika bunda mendapati adanya benang, rambut, karet, atau benda lainnya yang melilit pada tubuh si kecil, sebaiknya cepat lepaskan. Kalau tidak, benda tersebut menjadi sulit untuk dilepaskan dan mengharuskan pemotongan bagian kulit bayi untuk melepaskannya. After all Cara seperti ini memang terdengar cukup mengerikan, tapi dilakukan untuk menghindari dampak yang lebih buruk pada si kecil.

Cara terbaik agar si kecil tidak menjadi korban adalah dengan

mengawasinya selama bermain

. In conclusion Ketika si kecil terus-terusan menangis, coba bunda lakukan pengamatan secara menyeluruh. Apakah ada bagian tubuh yang terlilit oleh benang atau rambut. Dengan melakukan pencegahan lebih dini, problem serius yang bisa saja terjadi bisa ditangkal secepatnya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE