Terlihat Sepele, Jari Kaki Bayi yang Terlilit Benang Ternyata Bisa Berujung Petaka

June 26th, 2018

Anak kerap mencoba untuk mengisi waktunya dengan bermain menggunakan beragam jenis benda-benda yang ada di sekitarnya. Tak jarang, mereka mencoba untuk melilitkan benang pada bagian tubuhnya, seperti pada jari tangan, kaki, atau pergelangan. Ketika mendapati kejadian seperti ini, bunda perlu waspada. Para ahli kesehatan mewanti-wanti bahwa fenomena yang terlihat sederhana ini ternyata berdampak sangat berbahaya pada si kecil.

Ketika ada benang yang melilit dan mengikat salah satu bagian tubuh si kecil, keberadaannya bakal mengganggu sirkulasi darah yang berjalan dalam tubuhnya. Alhasil, bagian tubuh yang terikat, bakal mengalami kekurangan asupan darah. Dalam dunia medis, fenomena ini disebut dengan nama hair tourniquet dan bisa terjadi pada beberapa anggota tubuh di antaranya lidah, jari tangan, jari kaki, lengan, dan lain-lain.

jari kaki terlilit benang

Secara khusus, anak memang menjadi korban hari tourniquet ini. Penyebab utamanya adalah adanya benang atau rambut yang menjuntai di dalam kaus kaki. Bunda bisa melihat tanda-tanda anak mengalami hair tourniquet dengan cukup mudah. Lihat mimik mukanya, apakah si kecil terlihat memasang muka yang gelisah dan tidak nyaman? Selain itu, bunda juga perlu mengamati apakah ada pembengkakan pada bagian tubuh yang terjerat.

Dalam kondisi yang sangat parah, hair tourniquet membuat jaringa pembuluh darah tak bisa mengalirkan darah dengan baik. Alhasil, bagian tubuh tersebut akan mengalami pembengkakan dan terjadi perubahan warna menjadi kebiruan. Hal ini menjadi indikasi telah terjadi ischemia pada tubuh si kecil. Selanjutnya, bagian tubuh tersebut akan menjadi sulit digerakkan dan bahkan bisa membuat kulit terluka.

Pada kasus yang ekstrem, peristiwa yang terlihat sepele ini bisa membuat anak kehilangan bagian tubuhnya tersebut. Ketika kondisi seperti ini dibiarkan secara terus-menerus, maka tenaga kesehatan akan menyarankan untuk melakukan amputasi pada tubuh yang terjerat. Tentu saja, hal seperti ini tidak diinginkan oleh setiap orang tua. Siapa sih yang menginginkan anaknya menjadi seorang yang cacat?

Oleh karena itu, ketika bunda mendapati adanya benang, rambut, karet, atau benda lainnya yang melilit pada tubuh si kecil, sebaiknya cepat lepaskan. Kalau tidak, benda tersebut menjadi sulit untuk dilepaskan dan mengharuskan pemotongan bagian kulit bayi untuk melepaskannya. Cara seperti ini memang terdengar cukup mengerikan, tapi dilakukan untuk menghindari dampak yang lebih buruk pada si kecil.

Cara terbaik agar si kecil tidak menjadi korban adalah dengan mengawasinya selama bermain. Ketika si kecil terus-terusan menangis, coba bunda lakukan pengamatan secara menyeluruh. Apakah ada bagian tubuh yang terlilit oleh benang atau rambut. Dengan melakukan pencegahan lebih dini, problem serius yang bisa saja terjadi bisa ditangkal secepatnya.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak suka corat-coret dinding

Anak Suka Corat-coret Dinding? Ternyata Kebiasaan Ini Punya Manfaat Tinggi, Lho!

Corat-coret dinding menjadi kebiasaan yang sering dilakukan ...
suami workaholic

Tips Ampuh Biar Tak Makan Hati Menghadapi Suami yang Workaholic

Memiliki suami yang workaholic atau kerap menghabiskan ...
perlengkapan bayi diy-3

Ide Kreatif Membuat Mainan DIY untuk Anak di Rumah, Murah dan Edukatif

Mainan anak bisa didapatkan dengan beragam cara. Cara yang ...
kebiasaan yang membuat anak membangkang

Bukannya Jadi Penurut, 4 Kebiasaan Ini Malah Membuat Anak Suka Membangkang

Memiliki anak yang bisa menuruti perkataan orang tua tentu ...
kata ajaib mendidik anak

Bunda, Yuk Ajari Anak 3 Kata Ajaib untuk Pembentukan Karakter yang Baik

Tidak ada sekolah yang mengajari seorang ibu dalam mendidik ...
bayi kembar identik dan tak identik

Kenapa Bayi Kembar Bisa Lahir dalam Kondisi Identik dan Tidak Identik? Ini Alasannya

Memiliki bayi kembar menjadi karunia sangat besar bagi ...
sabar menghadapi anak

Merasa Di Ambang Kesabaran Saat Mendidik Anak? Ingat 6 Hal Ini, ya Bunda

Menjadi orang tua dan tugas mendidik anak bukanlah hal yang ...
manfaat berolahraga anak jadi lebih cerdas

Bunda, Mengajarkan Anak untuk Berolahraga Ternyata Mampu Tingkatkan Kecerdasan, Lho!

Banyak cara yang dapat bunda lakukan kalau ingin ...
anak mendapat nilai jelek di sekolah

Anak Dapat Nilai Jelek di Sekolah? Ini Hal yang Perlu Bunda Lakukan

Memiliki anak pintar dan berprestasi menjadi impian setiap ...
gaya belajar anak zaman now

Bunda Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Gaya Belajar Anak Zaman Now

Cara mendidik anak zaman now tentu harus berbeda dengan ...