Ternyata Ini Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan

anak rewel saat makan

Apakah si kecil rewel ketika makan? Tidak mau makan sayur dan buah?

Hal ini nampaknya dialami oleh banyak anak di dunia, dan terkadang membuat si Ibu bingung dibuatnya.

Seorang ibu bercerita tentang putrinya yang berusia 2 tahun. Kerewelan si kecil terhadap makanan membuatnya sakit kepala setiap hari. Gadis kecil itu tidak tertarik sama sekali terhadap buah-buahan, sereal atau sayuran. Sebaliknya ia suka sekali gorengan, kerupuk atau keripik. “Makanan ringan adalah satu-satunya yang membuat dia tertarik. Dia tampaknya tidak lapar sama sekali. Saya benar-benar khawatir,” kata ibu ini.

Ada banyak alasan kenapa bayi dan balita memiliki nafsu makan yang buruk. Demam, pilek dan batuk adalah penyebab utama.

Meskipun tubuh pulih dari demam atau dingin, proses pencernaan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk bekerja normal kembali, sehingga mengakibatkan tidak memiliki nafsu makan.

Selain itu ada alasan lain yang menyebabkan kurangnya nafsu makan pada bayi, balita dan anak-anak, diantaranya:

1. Rendahnya Zinc

Menurut penelitian, nafsu makan rendah telah dikaitkan dengan defisiensi Zinc dalam tubuh Anda. Zinc menghasilkan asam klorida yang diperlukan untuk pencernaan makanan. Tingkat rendah pada Zinc menghasilkan kurang HCI yang mengarah ke nafsu makan yang buruk.

Anda dapat meningkatkan kadar Zinc dengan menyediakan ayam, dedak gandum, kacang mete dan biji labu dalam makanan anak.

2. Gagal untuk berkembang

Bayi juga dapat memiliki berat konstan atau tidak ada peningkatan berat badan selama beberapa bulan. Ini dikenal sebagai ‘gagal tumbuh’ yang lagi disebabkan sebagai akibat dari infeksi, demam atau penyakit serius lainnya.

3. Jeda waktu makan tidak memadai

Ketika makanan diberikan tanpa jeda yang tepat dari 3 sampai 4 jam, maka itu tidak akan dicerna dengan baik. Dalam kasus seperti itu, bayi atau balita tidak akan merasa lapar untuk waktu yang lama.

4. Biji-bijian

Biji-bijian dapat membuat perut bayi dan balita penuh untuk beberapa lama. Hal ini juga dapat menyebabkan nafsu makan rendah.

5. Terlalu banyak susu/produk susu

Ternyata terlalu banyak susu sapi atau susu formula dapat mengakibatkan nafsu makan rendah di kalangan bayi dan balita. Dalam kasus balita, Anda dapat batasi susu atau produk susu sapi hanya 2-3 cangkir sehari.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE