Tetap Aman Berpuasa Saat Hamil

Tetap Aman Berpuasa Saat Hamil

Ibu hamil seringkali merasa gundah gulana saat menghadapi bulan Ramadhan, apakah bisa kuat berpuasa meski sedang hamil? Atau harus merelakan tidak melaksanakan ibadah yang hanya 1 tahun sekali ini. Dalam beberapa kasus, ibu hamil tidak diperbolehkan berpuasa jika hal tersebut dapat membahayakan janin yang ada di dalam kandungannya, terutama bagi ibu yang kehamilannya di bawah 5 bulan. Tetapi bagi yang merasa sehat dan kuat untuk melakukan puasa, tidak ada larangan jika memang ingin berpuasa di bulan Ramadhan. Perlu diketahui bawhwa di dalam Islam, Ibu hamil termasuk ke dalam salah satu orang yang mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa.

Meskipun demikian, bagi ibu-ibu hamil yang melakukan puasa di bulan suci ini sebaiknya menjaga beberapa hal agar kebutuhan ibu dan janin tercukupi dengan baik tanpa kekurangan sedikitpun. Jangan lupa niatkan untuk beribadah dan mendapatkan kesehatan bagi janin kelak. Apa saja tips aman bagi ibu hamil?

Trimester Pertama

Di awal kehamilan, ibu hamil umumnya mengalami morning sickness sehingga dikhawatirkan akan menyebabkan dehidrasi dan kekurangan nutrisi. Untuk itu pada masa ini sebaiknya ibu tidak berpuasa karena diharuskan memiliki pola makan khusus yakni sedikit-sedikit namun sering untuk tetap menjaga asupan nutrisi pada janin. Mungkin Anda bisa mencoba berpuasa 1 hari, jika tidak ada gangguan maka Anda boleh meneruskan berpuasa. Puasa sebaiknya dihentikan jika ada indikasi penurunan berat badan.

Trimester Kedua

Pada trimester ini, kadar hormone beta-HCG yang membuat ibu hamil mual-mual umumnya sudah mulai berkuran. Pertumbuhan janin juga semakin stabil. Jika Anda mau berpuasa, pada masa ini diperbolehkan, namun tetap harus memperhatikan beberapa hal penting di antaranya berat badan normal, (idealnya ibu hamil mengalami kenaikan 0.5kg per minggu), ibu dalam keadaan sehat dan tidak pusing atau lemas, dan gerakan janin dalam kondisi baik. Apabila terjadi penurunan gerakan janin atau janin tidak seaktif biasanya maka segera konsultasikan kepada dokter.

Trimester Ketiga

Pada masa ini ibu hamil (29-40 minggu) disarankan untuk tidak berpuasa. Pada trimester ini janin sedang menyempurnakan pertumbuhan organ dalam tubuhnya sehingga perlu asupan nutrisi yang cukup. Jika tidak dipenuhi dikhawatirkan pertumbuhannya akan terganggu.

Memutuskan untuk berpuasa atau tidak sebaiknya memang disesuaikan dengan kondisi kesehatan ibu dan janin. Jika memang tidak kuat berpuasa, maka tidak perlu dipaksakan. Anda bisa menggantinya di ahri lain atau membayar fidyah sesuai ketentuan agama. Selamat menunaikan ibadah puasa !

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE