Tingkatkan Kerja Otak dengan Segelas Air

July 24th, 2013

drinkDaya pikir mendadak buntu atau sulit berkonsentrasi? Minum segelas air mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Menurut sebuah studi, minum air bisa mempertajam kerja otak, terutama jika Anda sedang haus.

Para peneliti dari University of East London percaya, ketika rasa haus teratasi, otak siap fokus dan mengerjakan tugas. Air membebaskan bagian otak yang terus menerus memberikan sinyal haus pada tubuh.

Hasil ini didapat setelah meneliti 34 pria dan wanita pada dua kali uji mental. Uji pertama dilakukan setelah sarapan sereal bar. Uji kedua dilakukan setelah sereal diganti sebotol air. Para responden tidak ada yang makan atau minum sepanjang malam. Responden juga ditanya bagaimana rasa haus mendera saat awal penelitian.

Responden yang mengatakan tidak haus lebih cepat menyelesaikan tes dengan atau tanpa air. Namun responden yang merasa haus, lebih cepat menyelesaikan tes ketika sudah minum. Peningkatan kecepatan otak setelah minum air sekitar 14 persen.

Peneliti Caroline Edmonds mengatakan, tentu tidak akan merepotkan bila minum ketika tengah bekerja. Termasuk teh atau kopi. Anak-anak yang minum air sebelum tes juga memberikan hasil 3 kali lebih baik.

Hasil penelitian itu tidak jauh berbeda dengan studi lain dengan topik yang sama. Diketahui kurang minum air membuat sel abu-abu otak mengerut. Akibatnya otak sulit berfikir.

Peneliti melakukan scan pada remaja setelah bersepeda satu setengah jam. Sebagian remaja melakukannya dengan 3 lapis pakaian dan sebagian yang hanya mengenakan celana pendek dan kaos.

Remaja yang berpakaian tumpuk kehilangan satu liter keringat. akibatnya sel otak banyak yang mengerut. Berkeringat 90 menit ternyata menyebabkan otak berkerut sebanyak proses penuaan setahun. Namun setelah minum segelas air, aktivitas kedua otak kembali normal.

Tapi konsumsi air tidak selalu menunjukkan hasil baik. Pada penelitian Edmonds yang terbaru, para responden tidak bisa mengerjakan tes mental manipulasi yang cukup kompleks meski sudah minum air. Mengenai hal itu belum diketahui dengan jelas penyebabnya.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
mendidik bayi

5 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Bayi Susah Tidur

Membuat bayi tidur itu gampang-gampang susah dan bisa ...
pekerjaan ibu rumah tangga, tugas ibu rumah tangga

Ini Pekerjaan Tak Kasat Mata yang Kerap Membuat Ibu Kelelahan di Rumah

Peran wanita dalam rumah tangga sangatlah penting. Wanita ...
cara mengatasi pilek bayi

Cara Ampuh dan Efektif Mengatasi Pilek pada Bayi

Bunda tak perlu khawatir bila si kecil mengalami pilek yang ...
terlalu banyak konsumsi vitamin anak

Penting! Ketahui Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin untuk Anak

Vital amine atau vitamin yang merupakan sekelompok senyawa ...
tips bepergian bersama anak

Tips Memilih Kamar Hotel yang Ramah Anak saat Bepergian

Traveling bersama si buah hati yang masih bayi memang cukup ...
anak ngompol saat tidur

Tips Jitu Mengatasi Kebiasaan Anak Ngompol saat Tidur

Hal yang kerap menjadi masalah orang tua adalah anak ...
tes alergi anak

Tes Untuk Mengetahui Alergi pada Anak

Bunda harus curiga bila si kecil mengalami gatal-gatal, ...