Tips Agar Anak Senang Membaca

8-trik-mudah-agar-anak-gemar-membacaMendidik anak agar menyukai sesuatu hal baik memang cukup sulit dan butuh perjuangan, bahkan sikap konsisten Anda sebagai orangtua sangat berperan penting. Hal inilah yang terkadang dianggap sebagai kegagalan saat mendidik anak, yaitu belum bisa konsisten dalam bersikap. Salah satu didikan yang jaman sekarang sangat sulit dilakukan adalah aktivitas membaca, Anda pun mungkin tahu bahwa saat ini anak-anak cenderung diberikan aktivitas yang melibatkan gadget yang berisi permainan ataupun hal-hal yang banyak menyita waktu seperti menonton TV.

Bagi bayi dan balita, membaca buku memang dapat mengartikan banyak hal, gambar-gambar yang berwarna pada isi buku mungkin akan menarik perhatiannya untuk bisa duduk manja di pangkuan ayah atau bunda. Melalui kegiatan membaca, anak akan belajar bagaiana cara membaca buku, belajar hal baru melalui cerita, dan berbagai hal yang mungkin tidak akan mereka temui di dalam kegiatan sehari-harinya. Itulah mengapa pentingnya orangtua memperkenalkan anak untuk gemar membaca buku.

Selain mewajibkan anak untuk gemar membaca, tentu saja anak juga membutuhkan model yang bisa mereka teladani. Orang terdekat yang selalu berada di sampingnya adalah orangtuanya, jadi orangtuanya lah yang harus menunjukkan bahwa aktivitas membaca itu sangat menyenangkan dan bermanfaat. Anda bisa mencoba mendidik anak untuk gemar membaca dengan mengajaknya membaca buku bersama, bisa membaca buku cerita, komik, buku bergambar, dan lain sebagainya. Nah, agar si kecil tidak cepat bosan sewaktu Anda mengajaknya membaca bersama, berikut tipsnya:

Membaca Dengan Suara & Intonasi yang Jelas

Tidak perlu khawatir, jika Anda merasa bukan seorang pendongeng ulung, Anda tidak perlu malu atau gengsi untuk membacakan cerita kepada si kecil dari sebuah buku. Bebaskan dan nikmati saja kebersamaan Anda dengan si kecil dalam melakukan aktivitas tersebut, Anda pasti menyukainya!

Batasi Waktu Membaca

Jika Anda mencoba mengenalkan membaca kepada anak bayi atau balita, perhatikan untuk tidak memilih cerita yang panjang, kalaupun stok buku di rumah memiliki cerita yang panjang, kreatiflah agar cerita panjang tersebut menjadi cerita pendek yang menyenangkan. Batas waktu yang bisa dijadikan patokan adalah sekitar 5-10 menit saja.

Lakukan Interaksi

Anda bisa mencoba bertanya kepada anak mengenai gambar mana yang disukainya atau mengomentari gambar pada buku yang sedang Anda baca dengan si kecil. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam proses interaksi, cobalah untuk bersikap aktif namun juga tidak berlebihan alias sesuai porsinya.

Sesekali, Ikuti Keinginan Anak

Jika si kecil merebut buku yang sedang dibacakan, maka biarkanlah. Ikuti apa keinginannya dan bimbing ia dengan cerita sesuai halaman yang dibukanya atau apa yang diperhatikannya lebih lama Cukup dengan memberikan cerita singkat atau memberikan komentar pada gambar yang ia tunjuk.

Pilih Buku Yang Tepat

Pertama, Anda harus memilih jenis buku yang tidak mudah rusak dan aman bagi bayi dan balita. Untuk bayi, direkomendasikan untuk menggunakan buku yang aman karena biasanya mereka senang menggigit atau mengulum benda yang berada di sekitarnya. Seperti softbook, buku yang terbuat dari kain yang aman jika digigit bayi. Isi cerita pada sebuah buku juga sangat penting untuk diperhatikan. Alangkah baiknya jika buku-buku yang dipilih mengenai kehidupan atau hal-hal yang ada di sekelilingnya seperti hewan, warna, ekspresi wajah, dan lain sebagainya. Selain agar mudah dimengerti oleh mereka, kesempatan ini juga bisa menjadi ajang eksplorasi bagi si kecil dibanding memperkenalkan hal-hal abstrak yang belum tentu tepat bagi seusia mereka.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE