Tips Agar Batuk Pilek Cepat Sembuh

agar batuk pilek cepat sembuh

Anak Anda sering batuk pilek?

Anak-anak relatif mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya masih belum optimal. Ada beberapa gejala penyakit yang sudah menjadi langganan anak-anak. Salah satunya adalah penyakit batuk dan pilek. Batuk dan pilek pada anak sebagian besar karena infeksi virus.Pada anak yang umunya aktif, infeksi virus ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam 3-5 hari, bahkan ketika batuk pilek yang disertai demam.

Sebetulnya bila anak tidak terlalu terganggu dengan gejala batuk dan pilek, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Misal, jika anak batuk pilek tapi masih mau bermain lari-larian, aktif, gesit dan mau makan maka ini tanda bahwa infeksi virus masih ringan dan tidak parah. Dalam kondisi ini Anda dapat tunggu 3-5hari, apakah anak membaik atau tidak.

Bila anak batuk pilek berikan air putih lebih banyak untuk mengencerkan lendir di tenggorokannya dan agar anak tidak mengalami dehidrasi. Konsumsi pula makanan bergizi seimbang dan jangan lupa disarankan banyak istirahat agara daya tahan tubuh meningkat.

Anda dapat memberikan obat batuk pilek yang dijual bebas, namun bila tidak ada perubahan, barulah perlu pergi ke dokter. Ingat, hindari membeli antibiotik sendiri untuk mengobati batuk pilek. Alih-alih menyembuhkan, pemberian antibiotik yang tidak tepat justru akan membuat kuman/bakteri di dalam tubuh menjadi semakin kebal terhadap antibiotik nantinya.

Bagi anak yang sedang batuk pilek, usahakan untuk tidak bersin atau batuk di dekat orang lain. Bila anak sudah besar, upayakan menggunakan masker bila berdekatan dengan orang lain. Penularan batuk pilek adalah bila percikan halus ludah saat seseorang bersin atau batuk terhirup oleh orang lainnya yang ada didekatnya.

Batuk pilek juga bisa disebabkan oleh faktor alergi. Nah dalam kasus ini biasanya batuk pilek tidak disertai demam dan gejala batuk pilek hanya akan muncul dalam kondisi tertentu, misal pada saat cuaca dingin atau di malam hari. Karena itu perhatikan pola batuk pilek pada anak sehingga Anda bisa mengetahui kira-kira apa pencetusnya.

Sumber : Nova

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE