Tips Agar Rambut Bayi Sehat dan Tumbuh dengan Lebat

April 14th, 2018

Pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi bergantung penuh pada perlakukan orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua harus bertanggung jawab penuh untuk bisa merawat bayi dengan sebaik-baiknya. Salah satu bentuk perawatan tersebut termasuk adalah merawat agar rambut bayi bisa sehat dan tumbuh dengan lebat.

Rambut bayi yang tipis bakal berpengaruh pada penampilan si kecil. Bahkan, tak jarang, tipisnya rambut juga kerap memunculkan rasa khawatir pada orang tua. Terutama, ketakutan kalau si kecil memiliki gangguan kesehatan tertentu.

kesehatan rambut bayi

Perlu bunda ketahui, rambut memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Kondisi rambut si kecil pun kemungkinan besar merupakan turunan dari orang tuanya. Namun, di sisi lain, ada pula kondisi yang muncul pada rambut bayi karena tidak melakukan perawatan dengan baik.

Nah, kali ini bunda bisa mengetahui bagaimana cara merawat agar rambut si kecil bisa tumbuh dengan lebat dan sehat. Ikuti saja 4 tips berikut:

1. Nutrisi yang cukup

Pertumbuhan rambut yang sehat dan lebat membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi. Beberapa jenis makanan yang memiliki dampak positif pada perkembangan rambut antara lain adalah telur, buah-buahan, sayuran, ikan, dan tentu saja ASI.

2. Keramasi rambut si kecil secara terjadwal

Keramas juga menjadi hal yang penting bagi rambut si kecil. Tujuannya, agar kulit kepala bayi dalam kondisi yang bagus, tidak kering. Selain itu, bunda juga harus memilih jenis keramas yang sesuai dengan si kecil.

Pastikan kalau memilih shampo untuk bayi, pilih shampo yang tidak pedih di mata. Selain itu, pastikan kalau shampo tersebut memiliki kandungan seledri, kemiri, serta aloe vera yang bagus untuk pertumbuhan rambut bayi.

3. Potong rambut secara rutin

Memotong rambut menjadi tips berikutnya agar rambut si kecil tetap sehat dan bisa tumbuh lebat. Pemotongan rambut dilakukan agar kulit kepala si kecil tetap terjaga kebersihannya. Di samping itu, cara ini juga menjadi metode untuk menjaga penampilan bayi agar tetap rapi.

4. Minyak kemiri

Terakhir, bunda bisa menggunakan minyak kemiri yang dioleskan ke kepala si kecil. Minyak kemiri berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga bisa tumbuh dengan lebat.

Minyak kemiri, menurut hasil penelitian, memiliki kandungan asam linolenic. Asam linolenic ini merupakan jenis asam lemak omega 3 yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut bayi.

Nah, dari 4 tips tersebut, apakah bunda sudah melakukan semuanya?

Komentar

BACA JUGA