Tips Aman Membeli Baju Online

online shoppingAktivitas belanja online kini semakin ramai dilakukan oleh masyarakat modern yang menggunakan teknologi internet dalam kesehariannya. Belanja online menawarkan berbagai kemudahan sehingga tak heran jika banyak orang yang lebih memilih metode ini dibanding pergi langsung ke toko. Namun dibalik kemudahannya, berbelanja online juga memiliki kelemahan seperti tidak sesuainya foto produk dengan yang asli hingga berujung dengan penipuan.

Salah satu aktivitas berbelanja online yang paling sering dilakukan adalah membeli baju online. Ya, kebutuhan akan berbagai jenis dan kebutuhan baju membuat sebagian orang lebih memilih membelinya secara online. Biasanya, produk-produk baju yang dijual secara online memiliki kelebihan ragam baju yang unik, berbeda dari yang lain dan tentunya tidak pasaran. Nah, agar Anda nyaman dan asyik belanja baju online, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Foto Produk

Kemiripan antara barang asli dan foto produk yang di pajang di media sosial maupun web biasanya memiliki tingkat akurasi yang berbeda, dalam hal ini jika Anda ingin membeli baju online pastikan berapa persentasi tingkat kemiripan foto dan barang asli. Bukan hal yang tidak mungkin bahwa baju yang Anda beli akan jauh berbeda dengan foto produk karena umumnya foto produk yang ditampilkan akan diedit sedemikian rupa untuk menarik banyaknya calon pembeli. Kecocokan warna baju juga sering menjadi masalah, karena efek pencahayaan akan mempengaruhi hasil foto dengan aslinya. Untuk baju yang berbahan spandek atau rajut, biasanya warna aslinya akan lebih gelap dibanding foto. Sementara baju berbahan katun atau twistcone warna aslinya cenderung tidak jauh berbeda dengan warna baju yang ada di foto.

Bahan Baju

Biasakan untuk selalu membaca keterangan pada gambar produk sebelum membeli, seperti bahan baju yang digunakan. Jika keterangan bahan baju tidak ditemukan, Anda bisa menanyakannya langsung kepada penjual karena penting untuk memastikan bahan baju yang akan kita pakai jangan sampai baju yang dibeli terbuat dari bahan yang tidak nyaman. Kenyamanan adalah faktor paling penting dalam mengenakan baju.

Ukuran Baju

Sebagai pembeli, Anda harus tahu berapa ukuran baju yang pas dengan ukuran tubuh. Ukuran baju yang disebutkan dengan ukuran S, M, L, atau XL tidak semuanya memiliki besar yang seragam. Oleh karena itu, pastikan berapa lingkar dada, panjang bahu, panjang lengan hingga panjang baju yang sekiranya pas di tubuh Anda. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengukur baju yang dirasa pas dengan penggaris atau meteran baju. Hal ini untuk menghindari membeli baju online dengan ukuran yang kebesaran atau kekecilan.

Pertimbangkan Harga dan Kualitas

Kita semua tahu bahwa patokan harga umumnya bisa mewakili kualitas suatu barang termasuk baju. Jika Anda penggemar baju import, saat ada online shop yang menjualnya dengan harga murah Anda patut curiga. Mungkin saja yang dijualnya adalah baju bekas atau mereka berusaha menipu. Baju import dengan kualitas baik tentunya akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, di atas Rp100.000. Selain itu, hindari juga membeli baju online dengan harga yang dirasa terlalu mahal kecuali jika Anda sudah berlangganan dengan online shop tersebut. Mengapa? Hal ini untuk menghindari kerugian dan rasa kecewa atas baju yang telah Anda beli pada saat diterima nanti, dan ternyata kualitas barangnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kenali Penjualnya

Tidak semua online shop dapat dipercaya, meskipun webnya menggunakan domain yang umum digunakan oleh online shop terpercaya tapi tidak bisa membuktikan bahwa mereka adalah “Trusted Seller”. Jika ada kontak yang terpampang, coba hubungi terlebih dahulu apakah nomor tersebut bisa dihubungi atau tidak. Masalah dijawab atau tidak teleponnya, tidak berarti bahwa online shop tersebut tidak bisa dipercaya karena sebagian online shop biasanya memiliki kebijakan dalam melayani pembelinya. Ada yang hanya menerima via SMS dan chat saja, ada juga yang menerima pemesanan via telp melalui customer services. Memastikan online shop tersebut dapat dipercaya atau tidak juga bisa melalui pengiriman pesan singkat, biasanya mereka akan membalas pesan masuk dengan cepat dibanding mengangkat telp.

Pelajari Kebijakan Toko

Di dalam aktivitas berbelanja online, ada hal penting lainnya sebelum Anda memutuskan untuk membeli yakni masalah kebijakan toko mulai dari cara pembayaran, garansi barang hingga pengembalian uang jika barang yang dipesan tidak kunjung diterima atau dalam kondisi tidak baik. Pastikan kebijakan-kebijakan tersebut tidak merugikan Anda sebagai pembeli, jika ternyata ada kebijakan yang dirasa merugikan sebaiknya Anda tidak membelinya. Contoh sederhana adalah masalah pengembalian baju yang ternyata ada cacat dan lain sebagainya.

Simpan Bukti Transfer

Banyak masalah yang terjadi dalam transaksi jual beli online, seperti pembeli yang dianggap belum melakukan transfer, kesalahan pengiriman barang dan lain-lain. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan sebaiknya Anda menyimpan bukti transaksi berupa foto screenshot transaksi jika menggunakan ibanking atau sms banking, atau jika Anda transfer melalui ATM manual Anda bisa menyimpan kertas bukti transfer hingga barang diterima dengan selamat. Suatu saat hal ini bisa menjadi senjata jika terjadi masalah dengan pembayaran pesanan Anda.

Testimoni atau Review

Cara lain untuk memastikan apakah baju yang akan Anda beli berkualitas baik atau tidak adalah dengan melihat testimoni dari pembeli lain yang sudah pernah membelinya. Namun saat ini hal ini tidak bisa menjadi patokan karena testimoni berupa tulisan bisa dikarang sendiri, namun di jaman teknologi ini penjual biasanya memanfaatkan testimoni pelanggannya melalui beberapa foto koleksi testimoni dari berbagai media sosial maupun chat. Anda bisa melihat foto-foto testimoni tersebut untuk meyakinkan diri tentang kredibilitas sebuah online shop.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE