Tips Atasi Sembelit Ketika Hamil

March 25th, 2017

atasi sembelit, konstipasi, sembelit parah, sembelit saat hamil, susah bab, susah buang air besar saat hamil, tips sembelitSembelit adalah masalah umum selama kehamilan. Sebanyak setengah dari wanita hamil mendapatkan sembelit di beberapa fase kehamilannya.

Salah satu pelakunya adalah peningkatan hormon progesteron, yang melemaskan otot-otot halus di seluruh tubuh, termasuk saluran pencernaan. Ini berarti bahwa makanan melewati usus lebih lambat. Dan masalah mungkin diperparah dengan rahim yang tumbuh menekan pada dubur Anda. Suplemen zat besi, terutama dalam dosis tinggi, dapat membuat sembelit tambah buruk.
Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah dan mengurangi sembelit:

- Makan makanan tinggi serat seperti sereal gandum dan roti, beras merah, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar dan sayuran setiap hari. Menambahkan beberapa sendok makan dedak gandum (tersedia di toko makanan kesehatan) untuk sereal Anda di pagi hari dan segelas air putih dapat membantu, meskipun mungkin memakan waktu beberapa hari sebelum Anda melihat perbedaan.

- Minum banyak air. Cobalah untuk mengonsumsi 10 cangkir air atau minuman lainnya setiap hari. Atau, minum sepanjang hari sampai kencing Anda jelas atau kuning pucat sebagai tanda hidrasi yang tepat. Segelas jus buah setiap hari, juga dapat membantu.

- Berolahraga secara teratur. Berjalan, berenang, bersepeda statis, dan yoga bisa membantu memudahkan sembelit dan membuat Anda merasa lebih bugar dan sehat.

- Perut Anda yang paling mungkin untuk menjadi aktif setelah makan. Dengarkan tubuh Anda. Tidak pernah menunda pergi ke kamar mandi ketika Anda merasakan dorongan untuk buang air besar.

- Jika multivitamin prenatal Anda mengandung dosis besar zinc/besi (dan Anda tidak anemia), mintalah dokter Anda untuk merekomendasikan suplemen dengan rendah besi.

- Jika langkah di atas tidak membantu, Anda dapat mengonsumsi suplemen serat atau pelunak feses.

Mengejan saat sembelit dapat menyebabkan atau memperburuk wasir, dimana pembuluh darah di daerah dubur menjadi bengkak. Wasir bisa sangat tidak nyaman, meskipun mereka jarang menyebabkan masalah serius. Dalam kebanyakan kasus, wasir akan hilang setelah bayi Anda lahir. Jika Anda mengalami sembelit parah yang disertai dengan nyeri perut, bergantian dengan diare, atau berlendir atau berdarah, segera hubungi dokter atau bidan.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler