Tips Bepergian dengan Anak yang Nyaman dan Anti Stress

September 30th, 2017

Bepergian dengan si kecil memiliki keribetan tersendiri bagi orang tua. Mulai dari perencanaan, perlengkapan sebelum berangkat hingga di perjalanan. Entah ini pengalaman pertama atau kesekian kalinya, berpergian dengan si kecil menjadi hal yang menantang.

tips bepergian dengan anak

Sebagai orang tua, Anda wajib melakukan berbagai macam persiapan. Dari berangkat pagi hingga kembali pulang Anda harus sudah menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan si kecil.

Berikut tips nyaman berpergian dengan si kecil

1. Perencanaan perjalanan

Sebagai orang tua Anda wajib memiliki perjalanan, bukan hanya perencanaan tujuan wisata saja yang harus dipertimbangkan. Anda harus memiliki bayangan akan seperti apa perjalanan Anda nanti seperti jeda istirahat, rute pilihan, dan lain-lain. Hal ini penting, sehingga Anda dapat mempersiapkan perlengkapan secara baik.

2. Santai

Anak-anak belum terbiasa dengan perjalanan yang panjang sehingga Anda tak perlu buru-buru. Biarkan anak-anak menyesuaikan diri dengan perjalanan dan memulihkan diri. Berpergian dengan waktu singkat hanya akan membuat si kecil kelelahan.

3. Kemas barang secukupnya

Membawa anak-anak lebih baik mengemas barang secukupnya. Jangan khawatir si kecil tak memiliki baju, sebab Anda dapat mencari laundry di tempat tujuan Anda. Jangan sampai Anda terlalu sibuk dengan barang bawaan sehingga lalai mengawasi anak-anak.

4. Utamakan kebutuhan anak

Anak-anak tidak dapat fleksibel seperti orang dewasa, sehingga Anda wajib mengutamakan kebutuhan anak-anak. Bawa mainan atau buku kesukaan anak-anak pada tas yang berbeda. Hal ini memudahkan mencari mainan tersebut sehingga anak-anak tidak keburu rewel.

5. Sediakan biaya yang cukup

Anak-anak yang telah berusisa diatas 3 tahun sudah dapat menentukan hal yang ia sukai termasuk jenis makanan atau mainan. Di dalam perjalanan menuju tempat tujuan, Anda akan mudah sekali menemukan pedagang makanan ataumainan yang disukai oleh anak-anak. Sehingga Anda wajib membawa uang saku yang memang khusus untuk jajan anak-anak.

Yang terpenting dari mengajak anak-anak untuk berpergian ialah kesehatan sang anak. Jika anak-anak dalam kondisi tidak fit, lebih baik menghindari berpergian meski perjalanan dekat. Hal ini akan memperburuk keadaan si kecil.

Komentar

BACA JUGA