Tips Berlibur & Berwisata ke Pulau Derawan

kepulauan derawanIndonesia memang kaya dalam segala hal, mulai dari kuliner, budaya hingga tempat-tempat wisata alam yang bak surgawi. Tak heran jika banyak orang asing yang ingin meminang pulau-pulau tertentu sebagai asset pribadi. Sebagai Negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau yang masih terjaga keindahan alamnya. Salah satu kepulauan yang saat ini sedang digandrungi di kalangan para backpacker dan traveller adalah berwisata ke Kepulauan Derawan atau banyak juga yang menyebutnya sebagai Pulau Derawan.

Derawan merupakan nama sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ada sekitar empat pulau yang terkenal yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban yang dihuni oleh satwa langka yakni penyu hijau dan penyu sisik. Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yakni terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (mangrove). Selain itu, banyak juga spesies yang dilindungi di kepulauan ini seperti penyu, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

penyu derawan

Rahasia eksotisme Pulau Derawan Berau terletak pada keindahan alam bawah laut dan pantainya yang bersih dari jamahan manusia. Seseorang yang mengunjungi kepulauan ini akan begitu takjub dengan keindahan ciptaan Tuhan yang masih terjaga dan sulit diungkapkan dengan kata-kata.

dermaga derawan

Ketika Anda mengunjungi Pulau Derawan Kalimantan Timur, Anda bisa melakukan atraksi wisata air dan bawah laut seperti berenang, snorkeling, diving, melihat penyu, berjemur di pantai, ataupun hanya berkeliling di Pulau Derawan. Untuk berkeliling, Anda bisa berjalan kaku karena Pulau Derawan tidak terlalu luas, sedangkan jika Anda ingin berkunjung ke Pulau tetangga, Anda bisa menyewa speedboat dengan kapasitas 3-4 orang atau 6-12 orang. Banyak tersedia paket wisata Derawan mulai dari paket wisata murah dengan paket tour derawan hingga paket travel murah.

Untuk penginapan, di Kepulauan ini Anda bisa menemukan berbagai jenis penginapan mulai dari yang termurah seperti penginapan biasa atau homestay hingga Resort yang membutuhkan budget tidak sedikit. Tempat penginapan yang tersedia dengan lengkap berada di Pulau Derawan, tariff menginap termurah adalah Rp 100.000, sedangkan untuk homestay di rumah penduduk Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 150.000. Jika Anda ingin menginap di tempat yang memiliki pemandangan langsung ke laut, Anda juga bisa memilih cottage yang dibangun di atas laut dengan harga sewa sekitar Rp 250.000 serta Resort yang ditarif di atas Rp 500.000.

sunrise derawan

Selain di Pulau Derawan, Anda juga bisa memilih alternative penginapan di tempat lain yakni di Pulau Maratua. Di Pulau ini juga ada homestay yang bisa Anda pilih, hanya saja tarifnya sedikit lebih mahal dibanding homestay di Pulau Derawan. Khusus untuk di Pulau Nabucco dan Sanagalaki hanya tersedia satu buah resort saja, dan itupun metode pembayarannya memakai uang dollar.

Untuk bisa dampai ke Kepulauan Derawan, Anda bisa menggunakan 2 jalur yakni jalur darat dan jalur udara. Untuk jalur darat, dari Kalimantan Anda bisa melewati Palangkaraya – Banjarmasin – Balikpapan – Samarinda – Tanjung Redeb – Tanjung Batu – Pulau Derawan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk jalur darat ini meliputi:

Biaya naik bus dari Banjarmasin-Samarinda = Rp 120.000 – Rp 150.000.
Biaya sewa mobil seperti Avanza dari Samarinda – Tanjung Redeb sekitar Rp 300.000
Tanjung Redeb – Tanjung Batu (menggunakan sewa mobil) sekitar Rp 100.000
Tanjung Batu – Pulau Derawan menggunakan speedboat dengan biaya Rp 100.000.

Untuk perjalanan via udara, dari Balikpapan bisa melalui dua jalur yakni melalui jalur Berau dan Tarakan. Jika melewati Tarakan, kelebihannya Anda akan disuguhkan lebih banyak pilihan penerbangan dengan biaya yang lebih murah jika dibandingkan melalui Berau. Hanya saja, jalur melalui Tarakan lebih jauh untuk menuju Pulau Derawan Tour, juga tidak tersedianya speedboat regular (untuk penyewaan umum), sehingga harus menyewa sendiri. Jika Anda ingin melalui jalur Tarakan sebaiknya berangkat secara rombongan agar biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat dengan paket tour murah.

Bagi Anda yang berangkat sendirian ke Derawan, memang pemberangkatan akan lebih mudah jika melalui jalur Berau karena ada banyak mobil travel umum menuju Tanjung Batu dan Speedboat yang disewakan untuk umum. Maskapai yang melayani penerbangan dari Balikpapan ke Berau dan sebaliknya di antaranya ada Sriwijaya Air, Wings Air, Kalstar dan Garuda Indonesia. Semoga informasi ini membantu Anda yang ingin dan akan berwisata ke Kepulauan Derawan, ya. Selamat berlibur!

bawah air derawan

ikan bawah air derawan