Tips Berlibur di Musim Penghujan

154951_hujanLiburan akhir tahun tinggal menghitung minggu, apakah Anda sudah merencanakannya? Sebelum memutuskan berlibur, ada beberapa hal penting untuk diketahui terlebih dulu. Menjelang akhir tahun biasanya musim hujan juga tengah berlangsung, terlebih akhir-akhir ini hujan lebat juga sudah mulai sering mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Alhasil, rencana liburan harus menyesuaikan dan disiapkan sedemikian matang untuk menghindari gagalnya liburan karena hujan.

Jika Anda sudah merencanakan liburan akhir tahun di lokasi outdoor, tidak ada salahnya sekarang Anda juga menyiapkan plan B untuk berlibur di tempat berbeda sebagai alternatif jika tiba-tiba liburan outdoor Anda gagal akibat hujan. Anak-anak pasti kecewa jika liburan yang telah disiapkannya batal begitu saja, nah saat itulah plan B bisa mengganti kesedihan mereka.

Jika bisa memilih, liburan memang lebih asyik jika dilakukan di saat musim tidak hujan, selain lebih leluasa memilih tujuan berlibur, Anda pun tidak perlu khawatir terjebak hujan ataupun banjir. Namun, turun hujan juga bukan berarti menjadi penghalang untuk memberikan kesempatan anggota keluarga menikmati waktu libur bersama di akhir tahun nanti. Tak perlu risau, Anda masih bisa berlibur santai saat musim hujan. Berikut ini adalah tips-tips berlibur saat musim penghujan.

Gali informasi lebih dalam mengenai tempat berlibur yang akan dikunjungi

Mungkin saat ini Anda memang sudah memiliki tempat tujuan berlibur yang pasti untuk dikunjungi, namun alangkah baiknya jika Anda menggali informasi lebih dalam lagi mengenai tempat wisata tersebut. Hujan bisa turun kapan saja, jika objek wisata yang Anda pilih ternyata bisa menghadirkan ketidaknyamanan saat turun hujan sebaiknya rencanakan plan B untuk menggantinya, ketidaknyaman bisa berupa rawan banjir, longsor dan lain sebagainya.

Lokasi wisata Indoor lebih aman

Memilih tempat liburan dengan lokasi indoor lebih aman dipilih di saat musim penghujan, jika Anda memilih lokasi outdoor seperti pantai, danau, ataupun air terjun bisa dipastikan Anda tidak dapat menikmatinya. Selain karena hujan yang bisa turun kapan saja, banyak resiko yang akan muncul seperti sakit karena kehujanan dan kekecewaan lain karena tidak bisa menikmati asyiknya jalan-jalan saat berlibur.

Siapkan keperluan berlibur dengan seksama

Saat musim hujan, pakaian hangat sangat diperlukan, maka dari itu pakaian hangat harus masuk list prioritas yang akan dibawa saat berlibur nanti. Seperti jaket, sweater, syal, kaus kaki, dan lain sebagainya. Selain pakaian, obat-obatan juga perlu dipersiapkan, khususnya obat-obatan yang berhubungan dengan penyakit di musim hujan, seperti flu & batuk, pilek, demam, sakit perut, dan sebagainya. Jangan lupa juga membawa kayu putih atau balsem untuk sekedar menghangatkan tubuh.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga

Sangat penting untuk menjaga kesehatan, hal ini tentu harus dilakukan dari jauh-jauh hari agar rencana berlibur nanti bisa terlaksana. Jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, tentu rencana berlibur menjadi tertunda bukan? Kesehatan menjadi faktor utama untuk melakukan aktivitas, konsumsi makanan berimbang dengan prinsip food combining akan jauh lebih baik. Jangan lupa olahraga dan minum vitamin, yang alami jauh lebih baik tentunya. Minum madu dengan campuran air jeruk lemon secara teratur akan membuat tubuh Anda selalu bugar dan terhindar dari penyakit flu dan pilek pada pergantian musim maupun pada musim hujan.