Tips Cara Berkebun Hidroponik Sederhana di Rumah Untuk Pemula

hidroponik-botolBercocok tanam kini sedang menjadi tren di kalangan pecinta lingkungan, apalagi hadirnya bercocok tanam ala hidroponik telah berhasil menarik banyak peminat meski mereka terbilang tak punya banyak pengalaman di bidang pertanian.

Berkebun di rumah sangatlah menyenangkan dan tentunya bermanfaat sekali. Selain bisa menghijaukan rumah, kita juga bisa mengambil manfaatnya dari buah atau sayur yang telah kita tanam. Hidroponik merupakan cara yang cocok untuk bertanam tanaman sayuran di rumah. Jangan menganggap bahwa tanaman hidroponik selalu memerlukan lahan dan tempat yang luas, di lahan yang sempit sekalipun kita bisa berkebun hidroponik. Seperti cara membuat tanaman hidroponik sederhana dari botol bekas dan yang akan dibahas berikut ini.

Cara menanam Hidroponik

Menanam tanaman hidroponik yang relatif mudah dan sederhana adalah dengan sistem wick. Cara ini bisa dikreasikan dengan menggunakan wadah apapun yang bisa ditemui di sekitar rumah kita. Coba perhatikan gambar dengan metode sistem wick di bawah ini.

hidroponik Sistem-Sumbu-wick

Gambar-Skema-Sistem-Wick-Bawang-Merah

Cara membuat tanaman hidroponik dengan sistem wick ini dianggap paling mudah dan sangat sesuai untuk mereka yang baru belajar mulai melakukan hidroponik. Sistem ini tidak memerlukan peralatan yang rumit karena cara membuat tanaman hidroponik dilakukan dengan mengalirkan nutrisi melalui sumbu. Cara ini sangat sederhana dan sesuai untuk dilakukan di rumah dalam skala kecil.

Persiapan Media Tanam dan Nutrisi Hidroponik

Sebelum mulai melakukan cara membuat tanaman hidroponik, Anda harus terlebih dulu menyiapkan nutrisi yang diperlukan. Untuk membuat larutan nutrisi, Anda memerlukan Urea sebanyak 1000 gram, KCL juga sebanyak 1000 gram, pupuk NPK sebanyak 100 gram dan pupuk daun atau gandasil sebanyak 50 gram. Nantinya semua pupuk ini akan dilarutkan sebagai sumber nutrisi tanaman. Ketersediaan nutrisi ini akan menjamin pertumbuhan tanaman yang dilakukan dengan cara membuat tanaman hidroponik berlangsung maksimal. Jika tidak mau repot Anda bisa membeli nutrisi hidroponik di toko pertanian atau e-commerce secara online.

Selain nutrisi, pilihan media sebagai cara membuat tanaman hidroponik juga tidak kalah penting. Media tanaman hidroponik yang bisa digunakan adalah arang, sekam, spons, rock wool hingga pecahan batu bata. Media tanam dari batu kerikil pasir malang juga dapat digunakan untuk tanaman hidroponik ini. Anda hanya perlu mencari media tanam yang paling mudah dan cukup murah didapatkan di lingkungan sekitar. Dengan demikian Anda tidak mengeluarkan banyak dana untuk mempraktekkan cara membuat tanaman hidroponik ini. Untuk wadah, Anda bisa menyiapkan sendiri sesuai kreatifitas Anda. Di bawah ini ada beberapa gambar yang dapat menjadi ide saat Anda akan mulai berkebun secara hidroponik. Selamat mencoba!

hidroponik contoh 1 hidroponik contoh 2 hidroponik contoh 3

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE