Tips & Cara Membuat Kue Soes Isi Vla

4116552190_44b16d9824_oSiapa yang tidak mengenal kue soes? Salah satu kue dengan isian vla ini banyak diminati karena rasanya yang gurih dan manis yang berasal dari vla. Kini, banyak varian vla yang digunakan untuk isian kue soes seperti vla vanilla, durian, dan jenis lainnya. Umumnya, kue soes banyak dijumpai di jamuan acara-acara syukuran maupun rapat instansi.

Cara membuat kue soes ini gampang-gampang susah, salah sedikit saat proses pembuatan, bisa jadi Anda akan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Ternyata ada beberapa rahasia agar pembuatan kue soes bisa berhasil.Adonan kue soes (Choux Pastry) sendiri, bisa dibuat untuk jenis kue lainnya seperti eclairs, Paris-Brest, Saint-Honoré, croquembouche, dll. Nah, jika Anda penasaran bagaimana cara membuat adonan kue soes ini, berikut resep dan tipsnya :

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
250 ml air atau kombinasi 125 ml air + 125 ml susu full cream
125 gr tepung yang diayak
100 gr mentega atau bias juga pake margarine (blue band)
4 buah telur besar
1 sdt gula pasir
½ sdt garam
(1 telur yang di kocok lepas untuk bahan olesan)

Cara Membuat:

  • Masukkkan air (atau air + susu dengan takaran sama jika ingin rasa yang gurih), gula, garam dan mentega (bisa juga margarine) ke panci. Masak dengan api sedang. Aduk hingga mentega atau margarine meleleh.
  • Masukkan tepung, aduk sampai rata dan kalis. (Jangan melambat atau berhenti saat sedang mengaduk adonan karena hanya akan membuat gumpalan2 tepung yang tidak merata).
  • Adonan telah kalis/tidak lengket lagi pada panci tandanya bisa kita bisa lihat ada kerak tipis di panci. Proses ini kira-kira membutuhkan waktu 3-4 menit.
  • Pindahkan adonan ke mangkok dan dinginkan sebentar dengan cara sedikit dikocok lalu diamkan selama 3-5 menit.
  • Masukkan telur satu persatu. Aduk rata telur sebelum memasukkan telur berikutnya dengan sendok kayu (spatula) atau mixer.
  • Anda bisa mulai mencetak kue soes atau éclair langsung atau menyimpan adonan ini di kulkas terlebih dulu baru besoknya dicetak. Adonan ini bahkan bisa Anda simpan di freezer, dan bisa kuat sampai 1 bulan (sebelum dipakai, harus dilunakkan atau dicairkan dengan cara disimpan di suhu ruang).
  • Panggang adonan yang telah dicetak di oven 180°C selama 32-35 menit hingga warnanya kuning kecoklatan. (Waktu memanggang bervariasi sesuai ukuran kue dan jenis oven).

Tips membuat kue soes

  • Supaya kue tidak kempes, buat beberapa lubang kecil menggunakan tusuk gigi, agar uap bisa keluar dan bagian dalam kue juga kering. Lalu dinginkan di cooling rack/ suhu ruang.
  • Jika Anda menginginkan adonan yang lebih crispy, masukkan lagi kue yang sudah dilubangi ke oven yang masih panas, dengan pintu yang sedikit terbuka (10-15 menit). Lalu dinginkan di suhu ruang sebelum diisi dengan vla.
  • Adonan kulit kue soes ini bisa disimpan di wadah kedap udara atau plastik atau disimpan di kulkas untuk diisi vla keesokan harinya.
  • Jika Anda menyimpannya di kulkas, Anda bisa memasukkan kembali kulit kue soes ke oven bersuhu 100°C selama 10-15 menit.

Sebagai tambahan kadang-kadang orang mencari petunjuk tentang hal-hal berikut; resep kue sus kering, kue sus kering, resep sus kering, cara membuat kue sus, resep kue soes, resep kue sus basah, kue sus basah, resep kue sus isi vla, resep vla, resep sus vla, resep kue sus goreng, cara membuat fla puding, cara membuat fla, cara buat kue sus, cara membuat vla, resep kue sus, resep sus, kue sus. Nah Selamat mencoba, bunda!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE