Tips Cara Mencuci Botol Susu Bayi yang Steril dan Bersih

Menjaga kebersihan bayi menjadi tugas yang harus dilakukan dengan baik oleh orang tua. Apalagi, kebersihan botol susu yang sehari-hari digunakan oleh si kecil. Baik saat Anda memberi mereka asupan susu formula ataupun ASI yang dimasukkan ke botol.

Karena menjadi benda yang dimasukkan ke dalam mulut si kecil, botol susu tersebut pun harus terjaga kebersihannya. Di waktu yang sama, botol tersebut juga harus steril sehingga tidak menjadi sarang bakteri atau virus.

Baby Bottle And Milk With Clipping Path

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Biar Steril dan bersih yang Efektif

Lalu, bagaimana cara paling efektif dalam membersihkan botol susu bayi biar steril dan bersih? Ada 3 metode pembersihan dan pensterilan yang dapat bunda lakukan, yakni:

1. Direbus

Cara pertama adalah dengan merebus botol susu, dot, serta penutupnya. Paling tidak, biarkan botol susu dan benda-benda terkait berada dalam air rebusan selama kurang lebih 5 menit.

Selanjutnya, diamkan botol dalam air hingga dingin. Setelah cukup dingin, bunda bisa mengambilnya dengan memastikan kalau tangan sudah bersih. Tak lupa, pastikan untuk membuang sisa air yang ada di dalam botol.

2. Bahan kimia

Cara berikutnya, bisa pula menggunakan bahan kimia. Bahan kimia yang kerap digunakan untuk membersihkan botol susu sekaligus mensterilkannya bisa berupa cair ataupun tablet.

Terkait penggunaannya, bunda perlu mengikuti panduan yang biasa disertakan dalam bungkus bahan kimia tersebut. Selanjutnya, jangan lupa untuk membersihkan panci atau peralatan yang dipakai selama proses pembersihan botol susu menggunakan sabun dan air hangat.

3. Penguapan

Cara terakhir, bunda bisa pula memanfaatkan metode penguapan atau pengukusan. Cara ini bisa bunda lakukan dengan menggunakan steamer atau sterilizer yang dapat dijumpai di beragam toko online.

Cara pemakaian steamer itu juga sangat mudah. Bunda tinggal memasukkan botol susu, dot, ataupun tutup botol ke dalamnya. Selanjutnya, bisa mengikuti petunjuk pemakaian yang sudah terlampir, termasuk proses pengeringan.

Sementara itu, untuk proses pembersihan, tetap bisa menggunakan air hangat dan sabun. Pastikan untuk membersihkan botol dari sisa-sisa susu yang bisa menjadi sarang kuman. Perlu catatan, bunda harus menggunakan pembersih khusus yang aman untuk bayi.

Tidak kalah pentingnya, bunda juga harus memperhatikan tempat penyimpanan botol susu tersebut. Pastikan agar botol susu tersimpan di tempat yang bersih dan higienis.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE