Tips Cerdas Kelola Keuangan Jelang Ramadhan & Pasca Lebaran

Tips Cerdas Kelola Keuangan Jelang Ramadhan & Pasca Lebaran, pt kereta api, tiket kereta online, pesan tiket kereta api, urbanisasi, urbanisasi adalah

Bulan Ramadhan dan Lebaran memang membutuhkan pengeluaran ekstra dibanding hari biasanya. Jika kita tidak pintar-pintar mengatur keuangan sendiri, bisa-bisa keceriaan Lebaran berganti dengan rasa was-was akibat keuangan yang semakin menipis. Khusus bagi Anda, ada 7 tips cerdas cara kelola keuangan agar budget pas di bulan Ramadhan dan Lebaran.

Jangan Bersikap Mewah Setiap Hari

Makna dasar dari berpuasa sebenarnya bukan untuk bermewah-mewah. Sehari atau dua hari dalam semingu mungkin Anda boleh menyediakan makanan yang agak mewah, tetapi hal ini jangan dilakukan terus-menerus setiap hari selama 29/30 hari berpuasa.

Pilih Buka Bersama Yang Bernilai

Buka puasa bersama memang baik untuk menjalin silaturahim, tetapi jika acara itu memaksa kita untuk mengorbankan dana atau gaji ekstra, mengapa harus dilakukan? Sebaiknya pilih-pilih dulu acara buka puasa bersama yang memberi nilai bagi Anda. Misalnya, saat acara buka bersama Anda bisa sambil berjualan kue atau baju lebaran sehingga akan ada pemasukan tambahan.

Jangan Paksakan Diri

Mempercantik rumah untuk menyambut Lebaran boleh saja, asalkan Anda memiliki uang simpanan atau tabungan yang cukup. Usai Ramadhan dan Lebaran, Anda harus menabung kembali untuk menggantikan uang simpanan tersebut. Tetapi jika Anda tidak memiliki simpanan atau tabungan untuk itu, jangan dipaksakan. Sesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Ubah Tradisi Mudik

Coba Anda bandingkan, mana yang lebih murah? Anda mudik bareng-bareng sekeluarga atau Anda mendatangkan orangtua ke rumah untuk Lebaran bersama? Daripada 5 orang yang harus mudik, bukankah lebih baik 2 orang yang datang? Mungkin Anda bisa mengusulkan untuk bisa bergiliran dengan orangtua dan saudara-saudara lain untuk saling mengunjungi setiap tahunnya.

Bijak Mengatur THR

THR dengan bonus itu berbeda. THR memang harus dihabiskan untuk Lebaran karena saat itu Anda akan banyak pengeluaran dan harga-harga yang juga merangkak naik. Yang harus diingat adalah:

Sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan

Minimal sisihkan dana 50% untuk masa usai Lebaran sampai waktu menerima gaji berikutnya
Hindari berutang untuk Ramadhan dan dibayar dengan uang THR

Itulah 7 tips cerdas kelola keuangan menghadapi bulan Ramadhan dan pasca Lebaran yang harus mulai dijalankan. Semoga tips di atas bisa membantu setiap keluarga muslim dalam mengelola keuangnnya dengan baik dan bijak. Selamat berpuasa dan silakan untuk mengetahui kata-kata berikut; cara mengatur keuangan, cara mengatur keuangan rumah tangga, cara mengatur keuangan keluarga, mengatur keuangan, perencanaan keuangan, manajemen keuangan, cara menabung yang baik, ramadhan, gambar ketupat lebaran, gambar ketupat!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE