Tips Cerdas Mengatur Keuangan Menjelang Puasa

May 15th, 2018

Bulan Ramadhan akan disambut oleh semua umat Islam di berbagai penjuru dunia sebentar lagi. Kedatangan bulan ini harus disambut dengan kegembiraan. Hanya saja, di waktu yang sama, kegembiraan itu selaras dengan meningkatnya pengeluaran. Alhasil, banyak bunda yang mengeluh kehabisan banyak uang setelah melewati bulan puasa.

mengelola keuangan di bulan puasa

Nah, untuk menghindari kondisi seperti itu, bunda bisa mengikuti tips cerdas mengatur keuangan ketika menjelang puasa berikut:

1. Jangan turuti keinginan, dahulukan kebutuhan
Hal pertama yang perlu bunda lakukan dalam mengurus keuangan ketika menjelang Ramadhan adalah dengan membuat skala prioritas. Pastikan untuk tidak memenuhi semua keinginan. Alih-alih, buat skala prioritas berdasarkan kebutuhan.

2. Buat rencana menu satu bulan penuh
Tips berikutnya adalah dengan membuat rencana masakan yang bakal dibuat untuk buka dan sahur. Bunda tidak perlu bingung karena koleksi resep yang minim. Saat ini, ada beragam menu yang bisa didapatkan lewat internet. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau bunda juga bisa menemukan daftar resep 30 hari penuh untuk menyambut Ramadhan.

3. Belanja kebutuhan lebih awal
Tips cerdas berikutnya dalam menyambut kedatangan Ramadhan dan hari raya adalah dengan belanja kebutuhan sehari-hari lebih awal. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kenaikan harga produk kebutuhan sehari-hari. Hanya saja, bunda juga perlu memperhatikan untuk tidak terlalu membeli terlalu banyak, apalagi sampai melakukan penimbunan.

4. Kurangi aktivitas buka puasa di luar rumah
Ketika memasuki bulan puasa, akan banyak undangan untuk mengikuti kegiatan buka bersama di luar rumah. Acara seperti ini memang bagus, apalagi sebagai sarana menjalin silaturahmi dengan teman atau kerabat. Hanya saja, bunda juga perlu membatasi. Jangan terlalu sering mengikuti acara buka bersama di luar. Kalau terlalu banyak, bakal berdampak pada kondisi keuangan.

5. Manfaatkan diskon
Ketika memasuki bulan Ramadhan, bunda bisa belanja dengan cara yang cerdas. Tak jarang banyak penjual yang menawarkan produknya dengan diskon dalam jumlah cukup besar. Nah, hal seperti ini bisa bunda manfaatkan. Cari diskon sebanyak-banyaknya. Namun, tetap perhatikan skala prioritas, ya.

6. Gunakan THR dengan bijak
Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah memanfaatkan tunjangan hari raya (THR) sebaik-baiknya. Jangan sampai bunda belanja secara membabi-buta setelah menerima uang THR. Kalau tidak ada keperluan mendesak, upayakan untuk menyimpan uang tersebut. Selain itu, kalau ada tanggunan utang, segera lunas. Demikian pula tanggungan kewajiban zakat, baik zakat fitrah ataupun zakat mal.

Demikian informasi mengatur keuangan secara cerdas yang bisa bunda terapkan di bulan puasa. Semoga bermanfaat.

Komentar

BACA JUGA