Tips dan Aturan Aman Penggunaan AC Bagi Anak

October 9th, 2017

Seringkali Bunda menyadari bahwa si kecil mengalami kepanasan dan tingkat dehidrasi bayi dan anak-anak bisa berlangsung cepat karena kepanasan. Maka dari itu, Bunda memakai AC supaya si kecil tidak merasa kepanasan. Namun jangan sampai si anak kedinginan karena AC juga, lho, Bund! Maka dari itu, penggunaan AC aman untuk bayi harus diperhatikan. Berikut ini dikutip dari web alodokter, berikut aturan aman penggunaan AC pada bayi;

aturan anak memakai ac

Bagi tubuh si bayi, berada dalam ruangan ber-AC tentu aman baginya karena lebih baik daripada berada di lingkungan panas, pengap maupun lembab. Tetapi bila Ac memiliki suhu yang rendah alias dingin tentu berbahaya bagi si bayi. Suhu yang dingin akan membuat temperature tubuh bayi akan turun secara signifikan, akibatnya bayi akan sakit.

Untuk daerah tropis, temperature tubuh anak berkisar 20-25 derajat Celsius, sehingga Bunda hanya perlu memberikan piyama panjang katun serta selimut tipis untuk tidur. Sementara untuk bayi, suhu bisa disesuaikan menjadi 18-20 derajat Celsius. Gunakan sleepsuit atau baju tidur rapat hingga ke kaki untuk si bayi.

gunakan timer untuk memantau durasi AC saat mendinginkan ruangan, namun bila AC Bunda tak memiliki timer bisa men-set alarma untuk mengingatkan Bunda untuk mematikan AC. Selalu cek temperature ruangan dan bila AC Bunda tidak memiliki layar penunjuk suhu ruangan, taruh thermometer untuk mengecek suhu ruang. Maka, bila suhu dirasa sudah terlalu dingin makanaikkan suhu, dan sebaliknya. Supaya si kecil tetap aman dan nyaman dalam ruangannya.

Manfaat suhu sejuk untuk bayi

Untuk bayi, hal ini bermanfaat untuk membantu bayi untuk tidur dengan nyaman. Tetapi juga lebih dari itu, udara sejuk juga dapat menghindari terjadinya Sindrom Kematian mendadak pada bayi atau sudden death infant syndrome-SIDS. Dalam kondisi medis, suhu yang panas akan membuat bayi mengalami dehidrasi, lelah akibat panas, biang keringat pada bayi, bahkan heatstroke atau serangan panas.

Selain memastikan bayi dapat udara yang sejuk agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan juga si bayi cukup minum untuk menghindari dehidrasi. Pada cuaca yang terik sering kali Bayi merasa haus, maka sering-seringlah untuk menawarkan minum susu atau menyusu pada payudara langsung. Bila si bayi meminum susu formula, lebih baik berikan tambahan susu.

Untuk penggunaan AC yang benar lainnya adalah sering-seringlah untuk membersihkan AC secara rutin. Hal ini bertujuan agar ruangan tetap steril. Pastikan juga ruangan si bayi memiliki ventilasi yang baik agar dap[at pertukaran udara yang baik.

Setelah melihat cara dan manfaat Ac agar suhu udara tetap sejuk untuk bayi, Bunda pasti sudah tahu, kan, harus bagaimana? Yuk, terapkan!

Komentar

BACA JUGA