Tips Jitu Mengatasi Kebiasaan Anak Ngompol saat Tidur

Hal yang kerap menjadi masalah orang tua adalah anak ngompol saat tidur. Tidak jarang kalau hal ini berlangsung setiap hari. Tentu saja hal tersebut pun memberikan beban yang cukup berat bagi orang tua. Karena harus membersihkan tempat tidur secara rutin.

Berbagai usaha pun dilakukan oleh orang tua dalam mengatasi masalah anak ngompol saat tidur. Cara yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan popok saat tidur. Kalau anak masih berusia 1 hingga 3 tahun, tentu cukup lumrah. Namun, kalau hal ini berlangsung hingga anak usia 5 tahun, tentu menjadi problem.

anak ngompol saat tidur
ilustrasi via hellosehat

Penyebab Anak Ngompol saat Tidur

Ada beragam faktor yang menyebabkan kebiasaan anak ngompol saat tidur. Termasuk di antaranya adalah konsumsi minuman sebelum tidur. Selain itu, menurut pendapat dokter spesialis anak Dr Pankaj Deshpande, terkadang ngompol juga disebabkan oleh faktor keturunan.

Kalau diamati di lingkungan, hal ini pun kerap terbukti. Terkadang, orang tua yang masa kecilnya sering ngompol, ternyata menurunkan kebiasaannya tersebut pada anaknya. Selain itu, masalah ngompol ini juga lebih banyak muncul pada anak laki-laki dibandingkan perempuan.

Cara Mengatasi Masalah Anaka Ngompol saat Tidur

Hal pertama yang perlu bunda lakukan dalam mengatasi masalah ini adalah, jangan mendahulukan emosi. Jangan memarahi anak karena tindakannya tersebut. Memarahi mereka tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan menimbulkan problem baru. Selain itu, amarah juga mempengaruhi psikologis anak.

Oleh karena itu, terdapat metode yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Di antaranya adalah:

  1. Mengurangi kebiasaan minum anak sebelum tidur.
  2. Mengurangi kebiasaan minuman yang mengandung kafeina pada anak. Seperti cokelat atau teh.
  3. Biasakan untuk mengajak anak membersihkan bekas ngompolnya bersama.
  4. Jangan memaksa anak untuk menggunakan popok.
  5. Berikan pujian saat anak bangun dalam kondisi tidak ngompol.
  6. Bisikkan ajakan agar anak pergi ke kamar kecil saat menjelang tidur.
  7. Kalau kebiasaan ngompol tersebut berlangsung hingga anak usia 7 tahun, tidak ada salahnya untuk membawa anak ke psikiater.

Dengan tujuh metode tersebut, kemungkinan besar masalah anak ngompol saat tidur pun bisa teratasi dengan baik. Selamat mencoba, ya!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE