Tips Liburan ke Luar Negeri Dengan Aman

Merencanakan Liburan di Dalam ke Luar Negeri_1Pergi liburan ke luar negeri tentu akan terasa sangat menyenangkan dan berkesan, kita akan bertetemu suasana baru, pengalaman baru, bahasa yang berbeda, dan hal-hal baru lainnya. Jika Anda sudah memiliki rencana liburan ke luar negeri bersama keluarga atau teman yang sudah dipersiapkan dengan matang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburan tetap menyenangkan dan budget tetap aman. Berikut tipsnya:

Hitung anggaran penunjang liburan

Semua kebutuhan saat liburan harus sudah diperhitungkan di awal antara lain seperti kebutuhan transportasi, akomodasi, kebutuhan makan, camilan, objek wisata, dokumen perjalanan dan biaya oleh-oleh. Manfaatkan media internet untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya sehingga Anda tahu berapa perkiraan anggaran untuk semua hal tersebut.

Siapkan dana ekstra 20%

Jika Anda sudah menghitung semua kebutuhan selama liburan, pastikan Anda menyimpan dana tak terduga dengan kisaran ideal 20% dari semua anggaran yang dicanangkan. Hal ini berguna ketika suatu saat Anda menginginkan sesuatu di luar yang sudah direncanakan selama liburan. Kalaupun dana lebih yang Anda sisihkan tidak terpakai, Anda bisa menabungkannya kembali untuk kebutuhan pokok lainnya setelah liburan selesai.

Siapkan mata uang lokal, US dollar, kartu debit dan kartu kredit

Jika Anda berlibur hanya membawa kartu kredit dan kartu debit, kebutuhan uang selama liburan memang akan tercukupi, namun jangan kaget jika melihat rekening Anda nanti tiba-tiba banyak terpotong oleh biaya-biaya transaksi penarikan dana ataupun belanja. Jadi sangat penting sekali untuk membawa mata uang negara destinasi, dan sebaiknya menukarkan uangnya ketika berada di Indonesia karena nilai tukar kursnya lebih bagus. Disarankan untuk tidak menukar uang di hotel atau bandara karena biasanya mereka mengambil keuntungan hingga 20%. Untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa menyiapkan mata uang US Dollar secukupnya selama liburan.

Siapkan biaya oleh-oleh

Salah satu kebiasaan orang Indonesia ketika plesir ke luar negeri adalah membawa oleh-oleh. Selain itu orang Indonesia cenderung lebih konsumtif dibandingkan dengan masyarakat dari negara lain. Dua barang yang terbilang ampuh sebagai buah tangan adalah kaos dan gantungan kunci. Kedua barang tersebut bisa diperoleh dengan harga miring. Riset dulu sebelum pergi, di mana sekiranya Anda dapat membeli kedua barang tersebut dengan harga bagus, sehingga pengeluaran untuk oleh-oleh bisa dihemat. Agar lebih hemat lagi, catat siapa-siapa saja yang hanya akan menerima buah tangan tersebut, Anda bisa memilih beberapa kolega penting saja selain keluarga.

Hubungi Bank

Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan kartu kredit, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara. Sebelu berankat ke luar negeri, pastikan Anda menghubungi Bank tempat di mana Anda membuka rekening untuk memberitahukan rencana liburan. Jika pihak Bank melihat adanya aktivitas penarikan tunai atau transaksi kartu kredit di luar negeri tanpa mendapat informasi terlebih dahulu, bisa jadi kartu kredit Anda akan diblokir.

Scan Paspor dan Kartu Rekening Bank

Anggap saja Anda mengalami sial dan kehilangan paspor beserta kartu ATM atau kartu kredit saat di luar negeri. Apa yang harus dilakukan? Jika Anda berinisiatif terlebih dulu membuat salinan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan kartu-kartu bank, Anda bisa mempercepat proses pelaporan dokumen yang hilang serta menggantinya dengan dokumen yang baru. Karena di salinan tersebut tertera nomor-nomor penting seperti telepon, rekening atau kartu, identitas dan sebagainya.

Pastikan telah melakukan reservasi kamar hotel

Sebaiknya Anda sudah membuat reservasi hotel untuk beberapa hari pertama. Jadi ketika sudah berada di negara atau benua yang asing, Anda tidak perlu pusing dan sibuk mencari hotel di mana Anda akan menginap.

Cek apakah Anda membutuhkan Visa

Anda memang tidak membutuhkan visa jika hanya berkunjung ke beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia atau Thailand, tetapi beberapa negara di Asia mewajibkan adanya visa bagi traveller Indonesia. Jadi, jangan sampai rencana liburan Anda berantakan dan gagal karena Anda lupa mengurus visa dan tidak diizinkan untuk naik pesawat. Kalaupun Anda diperbolehkan naik pesawat, bisa dipastikan Anda tidak akan lolos dari petugas imigrasi negara tujuan.

Siapkan asuransi perjalanan

Untuk berlibur ke luar negeri, ada baiknya Anda membeli asuransi perjalanan. Meskipun Anda telah memiliki asuransi kesehatan pribadi, tidak semua asuransi yang dimiliki bisa digunakan di luar negeri lho. Dengan menggunakan asuransi perjalanan, setidaknya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berobat jika suatu saat Anda tiba-tiba terserang penyakit atau mengalami kecelakaan saat berada di negara tujuan berlibur. Nah, itulah beberapa tips yang perlu Anda persiapkan sebelum berangkat berlibur ke luar negeri. Selamat berlibur!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE