Tips Membantu Anak Yang Terlambat Bicara

April 7th, 2017

anak sulit komunikasi, speech delay pada anak, tips membantu anak terlambat bicara, tips speech delaySemua anak mengembangkan dan memperbaiki keterampilan bahasa pada waktu yang berbeda pada fase tumbuh kembang mereka. Namun, beberapa panduan dapat membantu orang tua memutuskan apakah anak mereka mungkin menghadapi masalah keterlambatan bicara atau tidak.

Sebelum 12 Bulan

Anak-anak usia ini harus diawasi mencakup tanda-tanda dimana mereka menggunakan suara mereka untuk berhubungan dengan lingkungan mereka. Bermain ludah (menyembur) dan mengoceh adalah tahap awal dari perkembangan bicara. Sekitar usia 9 bulan, mereka mulai menyambung-nyambung nada yang terdengar bersama-sama, menggabungkan nada yang berbeda, dan mengatakan kata-kata seperti “mama” dan “papa”.

Sebelum usia 12 bulan, bayi juga harus memperhatikan suara dan mulai mengenali nama-nama benda-benda umum (botol, kucing, dll). Bayi yang menonton tv penuh perhatian tetapi tidak bereaksi terhadap suara dapat menunjukkan tanda-tanda gangguan pendengaran.

Usia 12 sampai 15 Bulan

Anak usia ini harus memiliki berbagai kata di ocehan mereka (seperti p, b, m, d, atau n), mulai meniru kata-kata atau suara yang dicontohkan oleh anggota keluarga, dan biasanya mengatakan satu kata atau lebih (tidak termasuk “mama” dan “papa”) secara spontan. Anak Anda juga harus bisa memahami dan mengikuti satu langkah perintah sederhana ( “Tolong ambil mainan,” dll).


Usia 18 ke 24 Bulan

Meskipun ada banyak variabilitas, kebanyakan balita mengatakan sekitar 20 kata pada usia 18 bulan dan 50 kata atau lebih pada saat mereka menginjak 2 tahun. Pada usia 2 tahun, anak-anak mulai menggabungkan dua kata untuk membuat kalimat sederhana. Usia 2 tahun harus dapat mengidentifikasi benda-benda umum secara langsung maupun melihat gambar, menunjuk ke mata, telinga, atau hidung ketika ditanya, dan mengikuti perintah dua langkah, seperti “Tolong ambil mainan dan simpan di meja.”

Usia 2 sampai 3 Tahun

Kosakata anak Anda harus meningkatkan dan dia harus rutin menggabungkan tiga atau lebih kata-kata menjadi kalimat.

Pemahaman juga harus meningkatkan, misal anak usia 3 tahun harus mulai memahami apa artinya “letakkan di atas meja” atau “simpan di bawah tempat tidur.” Anak Anda juga harus mulai mengidentifikasi warna dan memahami konsep deskriptif (besar dibandingkan kecil, misalnya).

Perlu diketahui, perkembangan bicara anak adalah campuran dari pembawaan dan pengasuhan. Pembawaan atau genetik menentukan kecerdasan dan perkembangan bicara dan bahasa pada anak. Namun, kemampuan bicara juga tergantung pada pola asuh di lingkungannya. Apakah seorang anak cukup dirangsang untuk berbicara di rumah? Apakah ada peluang untuk berpartisipasi dan berkomunikasi dua arah? Apa jenis umpan balik yang anak dapatkan?

Ketika berbicara, bahasa, pendengaran, atau masalah perkembangan memang ada, intervensi dini dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan seorang anak. Dan ketika Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang mengapa anak Anda tidak atau terlambat bicara, Anda dapat mempelajari cara-cara untuk mendorong perkembangan bicara.

Berikut adalah beberapa tips umum untuk digunakan di rumah:

- Menghabiskan banyak waktu berkomunikasi dengan anak Anda, bahkan selama masa bayi, bicara, menyanyi, dan mendorong untuk meniru suara-suara dan gerak tubuh.
- Bacakan buku untuk anak Anda, mulai sedini mungkin sekitar 6 bulan. Cobalah mencari soft book atau buku cerita bergambar yang mendorong anak-anak untuk melihat sementara Anda membaca. Ketika Anda membacakan cerita, biarkan anak Anda untuk mengenali gambar dan mencoba untuk mengetahui namanya atau meniru suara mereka (jika itu hewan). Si kecil bahkan mungkin mulai menghafal cerita favorit.
- Gunakan situasi sehari-hari untuk memperkuat kemampuan bicara dan bahasa anak Anda. Dengan kata lain, berbicaralah sepanjang hari, selama Anda berjalan-jalan, ketika mengerjakan pekerjaan rumah, dll. Misalnya, nama makanan di toko kelontong, menjelaskan apa yang Anda lakukan ketika Anda memasak makanan atau membersihkan kamar, menunjukkan benda-benda di sekitar rumah, dan saat Anda berkendara, menunjukkan suara yang Anda dengar. Ajukan pertanyaan dan dengarkan tanggapan anak Anda (bahkan ketika mereka sulit untuk dipahami).

Apa pun usia anak Anda, mengenali dan mengobati masalah sedari awal adalah pendekatan yang terbaik untuk membantu anak yang terlambat bicara. Dengan terapi yang tepat, anak Anda mungkin akan lebih mampu berkomunikasi dengan Anda dan seluruh dunia.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
sentuhan-kasih-sayang

Sentuhan Kasih Sayang Ibu Bagi si Kecil

Perawatan yang terbaik untuk anak pasti ingin selalu ...
menggambar-warna1

Manfaat Menggambar dan Mewarnai Gambar bagi Anak

Menggambar dan mewarnai pada dasarnya memiliki fungsi untuk ...
cake madu

Resep : Cara Membuat Cake Madu (Honey Cake)

Madu terkenal dengan khasiatnya bagi kesehatan, khususnya ...
terlambat bicara

Tips Membantu Anak Yang Terlambat Bicara

Semua anak mengembangkan dan memperbaiki keterampilan ...
anak terlambat bicara

Anak Terlambat Bicara, Wajarkah?

Apakah anak Anda berusia 2 tahun dan belum bisa berbicara? ...
waspada pedofilia

Apa itu Pedofil dan Perilaku Pedofilia

Maraknya kasus pedofilia meningkatkan kewaspadaan orang tua ...
tips cepat hamil

5 Tips Agar Cepat Hamil

Jika Anda benar-benar ingin hamil, atau mungkin Anda ...