5 Tips Membuat dan Menyimpan Frozen Food

cara membuat frozen food, frozen food, tips membuat sayuran frozen, tips menyimpan frozen foodFrozen food adalah makanan setengah matang yang dibekukan agar bisa diolah kembali dikemudian hari dengan cara dipanaskan. Biasanya daging sapi dan ayam paling banyak diolah menjadi frozen food, misalnya sosis, baso dan nugget. Sajian praktis seperti frozen food kerap menjadi pilihan di rumah. Selain mudah mengolahnya, frozen food juga awet sehingga Anda bisa menyetoknya di lemari es. Aneka frozen food bisa Anda dapatkan di toko swalayan atau Anda juga bisa membuatnya sendiri. Namun, sebelum Anda membuat dan menyimpan frozen food, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut;

1. Pilihlah bahan makanan yang segar dan juga berkualitas.

2. Bekukan makanan yang masih segar dan tidak basi. Ini karena pembekuan tidak akan membunuh mikroorganisme sehingga makanan busuk yang dibekukan hasilnya akan tetap busuk.

3. Kebersihan peralatan dan bahan makanan juga harus tetap terjaga.

4. Jaga dan lindungi makanan beku dari kekeringan dengan menggunakan bahan yang tahan dingin seperti plastik. Tutup rapat makanan dengan pembungkus makanan dan jangan biarkan terdapat lubang terbuka karena makananan akan menjadi kering.

5. Beberapa bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan harus mendapat perlakukan khusus sebelum dibekukan. Makanan dari bahan gelatin atau makanan gorengan dengan kadar minyak tinggi akan lebih cepat tengik bila dibekukan. Dan tidak semua bahan makanan dapat dibekukan dengan sempurna misalnya untuk membuat sayuran frozen maka sayuran dengan kadar air yang cukup tinggi seperti selada hasilnya akan kurang baik ketika dicairkan (thawing).

Anda dapat membuat sayuran frozen dirumah dengan sangat mudah, caranya cukup siapkan sayuran seperti buncis, wortel, jagung manis atau kacang polong lalu cuci bersih dan keringkan dengan kertas tissue. Kemudian potong-potong sayuran membentuk dadu kecil lalu lakukan blanching. Blanching adalah memasak sayuran dalam air mendidih beberapa menit hingga setengah matang. Siapkan air es dalam mangkuk, angkat sayuran dari air mendidih lalu masukkan kedalam air es. Tiriskan. Anda dapat membungkus sayuran ke dalam plastik atau wadah tahan beku untuk disimpan di freezer. Hindari freezer burn dengan memastikan wadah tertutup rapat atau tidak berlubang, freezer burn terjadi ketika makanan terpapar udara dingin di dalam lemari pembeku, sehingga rasanya menjadi aneh atau muncul bercak cokelat.

Sumber:
– www.wikihow.com
– Tabloid Sedap Sekejap
– www.momables.com

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE