Tips Mempercantik Interior Ruangan dengan Tanaman Hidup

Rumah dengan ruangan yang cantik dan indah mampu memberi aura positif kepada siapapun yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, tak ada salahnya bunda berusaha untuk mempercantik interior rumah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tanaman hidup.

tanaman hidup unutk interior

Pemakaian tanaman hidup sebagai interior ruangan bisa memberi banyak manfaat. Kehadirannya bisa menjadikan ruangan jadi lebih berwarna. Apalagi, penggunaan tanaman hidup juga membuat suasana jadi lebih sehat. Hanya saja, ketika memilih menggunakan tanamanhidup, ada beberapa tips yang harus bunda perhatikan, yaitu:

1. Jangan pilih sembarang tanaman
Tak semua jenis tanaman cocok dipakai sebagai interior di dalam ruangan. Tanaman hidup yang bunda pilih harus merupakan jenis tanaman yang bisa bertahan tanpa harus memperoleh pancaran sinar matahari secara langsung. Beberapa jenis tanaman yang dapat dipilih antara lain adalah kaktus, peace liliy, sukulen, sirih gading, ataupun monstera.

2. Lakukan pemeliharaan dengan sesuai
Tanaman hidup yang dipakai sebagai interior ruangan juga perlu memperoleh pemeliharaan. Bunda tidak boleh hanya sekadar menempatkannya di dalam ruangan tanpa melakukan perawatan apapun. Bisa-bisa, tanaman tersebut bakal tidak berumur panjang.

Beberap ajenis tanaman memang tidak butuh pancaran sinar matahari secara langsung. Namun, hal itu tidak membuatnya tak butuh sinar mentari. Hanya saja, kadarnya tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, bunda perlu mengeluarkan tanaman itu barang satu atau dua kali dalam seminggu.

Selain itu, beberapa jenis tanaman juga memiliki pola perawatan khusus. Sebagai contoh, kaktus perlu disiram seminggu sekali. Sementara itu, tilandsia harus bunda rendam dalam air seminggu sekali. Sementara itu, torenia merupakan jenis tanaman cepat haus yang perlu disiram 2 kali sehari.

3. Perhatikan karakter ruangan
Tips berikutnya yang perlu bunda perhatikan ketika menaruh tanaman hidup sebagai interior ruangan adalah penyesuaian dengan karakter ruangan. Dengan pemilihan tanaman yang tepat, keberadaannya tidak akan menganggu, dan malah membuat ruangan semakin cantik.

Sebagai contoh, bunda bisa memakai tanaman yang tinggi dan penampilannya sederhana kalau ingin ditempatkan di ruang tamu atau ruang makan. Keberadaannya bisa menjadi pusat perhatian, dan dapat ditempatkan di sudut. Pilihannya, bisa memakai rubber plant, palem kuning, serta palem phoenix.

4.Pakai pot dari bahan alami
Tips terakhir, bunda usahakan untuk memakai pot yang terbuat dari bahan alami. Jangan menggunakan pot dari plastik. Tujuannya, karena pot alami bisa menjaga kelembapan media tanam lebih baik dibandingkan pot buatan.