Tips Mendidik Anak Agar Si Kecil Tak Mudah Tergoda Mengonsumsi Narkoba

April 14th, 2018

Di era modern seperti sekarang, bahaya yang mengancam anak semakin bertambah. Bahaya yang dulu hanya dijumpai pada orang dewasa, kini bisa dijumpai pada anak-anak. Bahaya narkoba adalah salah satunya, dan hal ini tentu harus diwaspadai oleh para orang tua.

Terkait hal yang satu ini, orang tua mungkin sudah berusaha untuk melindungi anak semaksimalnya. Hanya saja, perlindungan tersebut tentu tidak akan cukup. Apalagi, apakah orang tua bisa selalu hadir selama 24 jam di samping anak? Tidak, kan?

narkoba anak

Oleh karena itu, alih-alih memberi perlindungan, bunda juga perlu menanamkan pendidikan kepada si kecil sehingga mereka tidak tergoda ketika ada seseorang yang menawarinya narkoba. Bagaimana caranya? Bunda bisa mengikuti tips-tips dari Founder Keluarga Kita, Najeela Shihab berikut:

1. Bangun komunikasi yang baik dengan anak

Langkah pertama untuk mencegah anak agar tidak mudah tergoda dengan narkoba adalah dengan menjalin komunikasi yang baik. Berkat komunikasi yang baik, bunda bisa berbicara mengenai apapun dengan si kecil. Di sisi lain, mereka juga menjadi sosok yang terbuka kepada orang tuanya.

Di samping itu, dengan komunikasi yang baik, Najeela mengungkapkan, anak bisa memperoleh kebahagiaan selama di rumah. Alhasil, mereka tidak akan mencari pelarian di luar rumah. Problem inilah yang sering menjadi pemicu anak mulai mengonsumsi narkoba.

2. Latih anak menjadi pribadi yang mandiri

Melatih anak agar menjadi pribadi yang mandiri juga merupakan salah satu cara agar mereka tidak mudah tergoda mengonsumsi narkoba. Jangan membiasakan untuk menggoda anak dengan hadiah tertentu untuk memenuhi keinginan bunda. Apalagi, kalau sampai mengancam. Duh, jangan deh.

Contoh kasus yang terlihat sepele adalah ketika memberi makan anak. Pada kejadian ini, orang tua sering menggoda anak dengan imbalan tertentu agar mau makan. Tak jarang, muncul juga ancaman. Hal ini, menurut Najeela, merupakan tindakan yang tidak tepat dan membuat anak tidak mandiri.

3. Dorong anak aktif dalam kegiatan yang disukainya

Terakhir, putri dari Quraish Shihab ini mengungkapkan agar orang tua harus memastikan kalau anak memiliki kegiatan yang mereka sukai. Kegiatan itu bisa beragam, bisa berupa aktivitas olahraga, berkemah, atau jenis kegiatan positif lainnya.

Cara memberi dukungan kepada si kecil pun tidak terlalu sulit. Bunda bisa memberi akses lebih luas kepada si kecil agar bisa melakukan kegiatan favoritnya itu. Bahkan, kalau mau, bunda juga dapat mengikutsertakan anak ke kompetisi sehingga mereka bisa memperoleh prestasi dari hobinya.

Demikianlah tips yang bisa bunda terapkan agar si kecil terjauhkan dari bahaya narkoba. Semoga bermanfaat, ya.

Komentar

BACA JUGA