Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan

puasaBagi anak-anak, puasa bukanlah hal wajib karena dalam agama Islam, usia anak yang belum baligh, belum wajib berpuasa. Nah, ketika anak sudah aqil baligh (remaja) maka wajib hukumnya untuk menjalankan rukun Islam ini.

Meskipun begitu, sebagai orang tua, tentu Anda setidaknya memperkenalkan beribadah puasa kepada anak Anda dulu. Anda tidak harus mewajibkan anak Anda puasa tanpa melihat dari kemampuan anak Anda, namun yang harus Anda lakukan adalah memberi pelajaran bagaimana berpuasa setahap demi setahap.

Dalam satu hadist, Rasulullah SAW mengatakan: Rasul mengatakan “Kami puasakan pula anak-anak kecil kami dan kami berangkat ke masjid dengan menjadikan mainan dari kapas buat mereka, jika ada salah seorang dari mereka menangis minta makanan, kami berikan mainan itu kepadanya sampai masuk waktu berbuka.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Sewaktu kecil dulu tentu Anda juga pernah belajar puasa, awalnya hanya setengah hari, namun seiring dengan bertambahnya usia Anda, maka Anda juga ada waktunya untuk puasa satu hari full. Anda bisa mempraktekan apa yang diajarkan oleh orang tua Anda kepada anak Anda ini.

Di sekolah sendiri, bahkan di tingkatan yang paling rendah seperti usia PAUD atau TK, biasanya ada semacam program puasa, entah hanya sebagai perkenalan, atau memang diwajibkan puasa sampai jam tertentu saja. Di usia SD sendiri tentu guru tidak terlalu memperhatikan satu per satu dari muridnya siapa yang berpuasa. Masalahnya adalah saat ini adalah masa liburan, jadi program tersebut tidak berjalan. Sekali lagi untuk Ramadhan tahun ini, Anda lah yang sepenuhnya harus mengajarkan anak Anda berpuasa.

Sayangnya, tak semua anak bisa langsung mengikuti kemauan Anda, banyak anak yang bertipe rewel dan begitu sulit mengikuti arahan Anda. Jika Anda mengalami hal ini, apa yang harus Anda lakukan?

Berikut ini adalah tips bagaimana memperlakukan anak yang sangat rewel berpuasa.

  • Untuk anak yang berusia 5-6 tahun, berpuasa setengah hari sebenarnya sudah cukup. Jika mereka sudah berhasil dalam menjalaninya, jangan lupa berilah pujian kepada mereka, kemudain terus motivasi agar terus berpuasa selama beberapa hari lagi.
  • Sesekali, Anda bersama keluarga, pergi ke masjid saat Adzan Maghrib dan ikutlah berbuka puasa dengan jamaah yang lain, dengan ini anak akan terbiasa untuk berkumpul dengan masyarakat lingkungannya dan lebih terasa nikmatnya kebersamaan dan beribadah puasa.
  • Jika anak Anda belum mau berpuasa, maka libatkanlah anak Anda tersebut dalam aktivitas ibadah Ramadhan, seperti buka puasa, Shalat Tarawih atau sahur. Paling tidak dengan melakukan ini, anak Anda terbiasa dengan rentetan aktivitas dan kebiasaan saat bulan Ramadhan.
  • Kini belajar berpuasa juga tak hanya bisa dilakukan dengan membaca buku, namun saat ini juga banyak terdapat aplikasi atau game smartphone yang berhubungan dengan puasa. Ajaklah anak untuk memainkan aplikasi game tersebut. Secara tidak langsung, anak Anda akan belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan puasa.
  • Berilah iming-iming hadiah baju lebaran yang bagus jika anak Anda mampu berpuasa dalam beberapa hari. Ini bisa memotivasi anak untuk berpuasa.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE