Tips Mengenalkan Lagu Anak-Anak

lagu-anak-anak

Bagi Anda yang terlahir di tahun 80-90an tentunya familiar dengan nama-nama penyanyi cilik seperti Enno Lerian, Bondan Prakoso, Meisy, Susan dan Kak Ria Enes, Joshua, Trio kwek-kwek, dan banyak lagi. Pada jaman itu anak-anak disuguhi oleh lagu-lagu yang syairnya sederhana dan mudah diingat namun tetap penuh makna dan mendidik. Lain ceritanya dengan beberapa tahun belakangan, rasanya kita sulit menemukan lagu anak-anak seperti jaman dulu ya?

Anda tentu lebih mudah menemui anak-anak yang dengan polosnya menyanyikan lagu yang bernafaskan cinta dan segala kerumitan orang dewasa. Seperti yang sempat ramai di share di media sosial seorang anak perempuan yang menyanyikan lagu bertema dewasa dengan judul “Lelaki Kardus”. Banyak kalangan yang meresahkan hal tersebut.

Namun tahukah Anda, walaupun minimnya lagu anak-anak yang dinyanyikan penyanyi cilik di jaman ini, Anda masih dapat mengenalkan dan mengajarkan lagu anak-anak yang sesuai dengan usia mereka dengan beberapa tips berikut.

1. Anda dapat mencari buku lagu anak-anak di toko buku, pengarang besar seperti Ibu Sud atau AT Mahmud sudah memiliki buku sendiri. Tema-tema sederhana namun mengandung nilai positif kerap dihadirkan dalam lagu-lagu karangan mereka.

2. Anda pun bisa mendownload lagu anak-anak via smartphone. Ada banyak aplikasi lagu anak di Google play seperti yang dibuat oleh Hicca Studios, EduNet Indonesia, dan lain-lain. Anda dapat mengenalkan anak sebuah lagu, lalu putar ulang setiap hari dikala sedang bermain atau menjelang tidur. Jika Anak Anda sudah hafal syair lagu tersebut, maka mintalah ia untuk menyanyikannya sendiri. Setelahnya Anda dapat memilih lagi lagu yang lain, begitu seterusnya.

4. Yang terakhir, Anda dapat bergabung dengan komunitas pecinta lagu anak. Biasanya mereka memiliki koleksi lagu anak-anak baik berupa CD, kaset dan buku. Diantaranya ada komunitas Waffel Indonesia yang bisa Anda temukan di Facebook atau di blognya www.waffelindonesia.wordpress.com, ada pula komunitas Mari Nyanyi yang menyediakan banyak lagu anak baru yang bisa didownload secara gratis di websitenya www.marinyanyi.com.

Selamat bernyanyi!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE