Tips Menumbuhkan Anak Agar Suka Belajar Matematika

NumeracyJika ditanya, pelajaran apa yang anak-anak benci? Sekitar 80% mungkin akan menjawab Matematika. Ini hal yang wajar dan bisa jadi sewaktu Anda kecil dulu, Anda juga termasuk orang yang membenci matematika? Hahaha konyol ya?

Belajar matematika yang rumit mungkin ini yang menyebabkan anak Anda malas belajar matematika. Ditambah lagi dengan guru matematika di sekolah yang sudah termindset sebagai guru killer akan membuat anak Anda semakin malas untuk belajar matematika. Jika seperti ini, Anda akan setengah mati memaksa anak Anda untuk suka belajar matematika.

Tips-tips berikut ini akan membantu Anda dalam mengajarkan atau menumbuhkan kecintaan anak Anda terhadap pelajaran matematika, semiak tips triknya berikut ini

Belajar dengan Gadget

Anak-anak sangat menyukai bermain gadget, mereka menganggap menggunakan gadget sama menyenangkan dengan ketika mereka bermain. Hal ini manfaatkanlah dengan menginstall aplikasi atau game permainan edukatif belajar matematika. Aplikasi seperti ini tidak sulit Anda temukan di Google Play atau iTunes.

Hadiah Jika Berprestasi

Tak perlu ragu untuk memberikan hadiah kepada anak Anda jika mendapat nilai matematika yang baik. Bisa jadi hadiah tersebut menjadi motivasi anak Anda untuk belajar matematika dan mendapatkan nilai yang baik. Hadiah yang diberikan bisa saja sangat sederhana, membelikan mainan atua sekedar mengajak jalan-jalan.

Gunakan Contoh dalam Kehidupan Sehari-Hari

Anak-anak akan lebih mudah mengingat sesuatu jika ada pendekatan ke lingkungan mereka sehari-hari. Ketika sedang mempelajari perhitungann, gunakan mainan mereka untuk membantu menghitung, atau Anda bisa gunakan uang asli jika bab pelajaran yang dipelajri adalah untung dan rugi.

Tanamkan Percaya Diri pada Anak

Jika anak Anda tidak menyukai matematika, maka kemungkinan juga anak Anda akan merasa tidak bisa untuk mempelajarinya. Untuk itu, Anda perlu menanamkan rasa percaya diri kepada anak mereka bahwa sesungguhnya mereka mampu dan bisa mempelajari matematika.

Berikan Contoh yang Bisa Dijadikan Motivasi

Punya contoh yang bisa dijadikan sosok motivasi dalam belajar matematika? Nah, ini bisa jadi akan memacu anak Anda untuk bisa jadi seperti mereka. Berikan pula hal-hal yang mengagumkan tentang matematika, ungkapkan bahwa matematika pasti terus akan ditemui ketika mereka sudah dewasa nanti. Dengan ini anak Anda akan (mau tidak mau) belajar matematika lebih giat lagi.

Latihan, Bukan Menghafal

Belajar matematika tidak sama dengan belajar ilmu social yang hanya bisa dipelajari dengan membaca kemudian menghafalnya. Belajar matematika tidak dengan mengingat-ingat rumus, namun juga wajib lathan dan latihan. Dengan latihan maka anak-anak akan terlatih menyelesaikan soal dengan baik tidak hanya lewat teori saja. Anda perlu membiasakan anak Anda untuk latihan soal, sedikit demi sedikit boleh saja, yang penting konsisten.

Menyukai belajar matematika mungkin sulit ditanamkan kepada anak Anda, namun sebagai orang tua Anda dituntut pintar-pintar dalam mencari celah agar anak suka dengan matematika. Pada situs buahhatiku.com ini, kami selalu memberikan tipa khusus belajar aritmatika untuk anak-anak, Anda bisa menerapkannya. Semoga bermanfaat.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE