Tips Menyusun Isi Koper Praktis & Efisien Sebelum Berangkat Liburan

menyusun koperMengemas pakaian bisa menjadi waktu yang sangat menyenangkan bagi beberapa orang, namun bagi sebagian lainnya proses mengemas pakaian dalam koper salah satunya menjadi hal yang sulit dan membosankan. Selalu saja ada barang yang tertinggal, bahkan barang yang sangat penting sekalipun malah lupa tidak dimasukkan ke dalam koper. Lalu, bagaimana caranya memilah barang yang akan dibawa saat berlibur, memadupadankan berbagai busana dan perlengkapan hingga memasukkan dan merapikannya ke dalam koper? Inilah saatnya mulai belajar merencanakan dan menyusun isi koper Anda sebelum berangkat liburan!

Hindari membawa banyak celana atau rok

Saat memilah-milah baju yang akan dibawa saat liburan, pastikan Anda tidak membawa banyak celana atau rok karena jenis pakaian ini lebih banyak memakan ruang di dalam koper. Untuk sehelai celana atau rok, Anda bisa menyiapkan tiga helai atasan berupa kaos misalnya. Gunakan kemampuan mix and match agar penampilan selalu oke setiap saat. Untuk liburan selama 1 minggu, Anda bisa membawa 6 atasan, 1 celana panjang, 1 celana pendek dan 1 dress.

Bawa aksesoris

Jika Anda khawatir akan penampilan yang terlihat polos, Anda bisa membawa benda-benda kecil yang bisa menambah esensi keindahan pada penampilan Anda secara instan. Misalnya, aksesori cantik seperti kalung, ikat pinggang, bandana atau scarf.

Pilih baju yang ringan dan tidak mudah kusut

Busana dengan banyak detaik manik sebaiknya ditinggalkan. Jika Anda akan berlibur ke tempat dengan suhu yang dingin, pilihlah busana bertumpuk daripada membawa sebuah jaket tebal. Pakai kaos, tanktop atau cardigan yang berbahan Kashmir agar bisa menghangatkan sekaligus bisa dipakai ulang. Namun jika Anda akan berkunjung ke tempat beriklim tropis, bawalah sehelas sarung pantai yang bisa Anda gunakan berkali-kali. Anda bisa mencoba mencari tahu bagaimana cara memakai sarung pantai via internet sebelum pergi liburan.

Tips Menyusun Isi Koper

Perhatikan langkah-langkah mengemas isi koper di bawah ini agar bawaan Anda menjadi praktis dengan ruang koper yang efisien.

Pertama, tutup bagian dasar koper dengan plastic atau trash bag. Begitu pula saat Anda telah selesai mengemas, jangan lupa menutup bagian atas dengan trash bag. Hal ini berfungsi agar baju yang ada di dalam koper terlindungi dari air jika terkena hujan dan meminimalkan kekusutan pada baju saat tiba di tempat liburan.

Kedua, jika Anda membawa alas kaki, pastikan untuk meletakkannya di bagian paling sisi koper bagian bawah dekat dengan roda yang solnya menghadap dinding koper. Peralatan lain seperti hairdryer dan alat-alat toiletries lainnya juga bisa disimpan di bagian ini untuk menjaga keseimbangan koper agar tetap berdiri stabil dalam keadaan tegak saat dibawa.

Ketiga, tata bagian dasar koper dengan baju-baju yang digulung agar tetap rapi dan meminimalkan dari kekusutan.

Keempat, untuk baju dan celana lipatlah dengan baik dan letakkan di bagian atas baju-baju yang tergulung tadi. Sebisa mungkin, penuhi dahulu tingkat kedua (setelah perlengkapan toiletries) baru kemudian mulai menyusun tingkat ketiga ini.

Kelima, Anda bisa meletakkan kaos, sweater atau jaket di atas lipatan baju dan celana.

Keenam, Anda bisa meletakkan benda-benda yang mudah kusut atau bervolume seperti dress, bra atau topi di bagian atas dekat dengan pegangan koper. Khusus untuk bra, sumpal bagian cup-nya dengan kaus kaki atau scarf untuk memanfaatkan ruang kosong di dalam koper.

Ketujuh, untuk bagian sudut koper Anda bisa mengisinya dengan underwear, scarf, hosiery atau baju renang.

Kedelapan, khusus untuk aksesori kemas dengan aman dan tempatkan di bagian kompartemen koper.

Itulah tips menyusun isi koper yang perlu diperhatikan sebelum Anda berlibur. Semoga tipsnya berguna ya!