Tips Merawat Gigi Susu Pada Anak Agar Terhindar dari Karies atau Karang Gigi

Menjaga kesehatan gigi harus dibiasakan sejak dini. Sebagai orang tua, bunda bisa mengajarkan kebiasaan itu kepada si kecil. Salah satunya adalah dengan merawat gigi susu anak. Selain sebagai bentuk edukasi, langkah ini juga bisa menjadi sarana perawatan agar gigi susu terhindar dari karies atau karang gigi.

Merawat gigi susu dari karang gigi menjadi hal yang penting bagi si kecil. Apalagi, menurut pernyataan dari Drg. Annisa Rizki Amalia, Sp.KGA yang dikutip dari The Asian Parents, karang gigi mulai muncul pada anak usia antara 1 hingga 3 tahun. Kalau kondisi tersebut terus berlanjut, tak menutup kemungkinan kondisinya akan menjadi lebih parah.

Tidak hanya itu, karang gigi juga bisa menimbulkan beberapa efek samping yang merugikan. Efek samping tersebut termasuk di antaranya adalah bau mulut.

karang gigi pada gigi susu bayi

Penyebab kemunculan karang gigi tersebut adalah kebiasaan si kecil. Ada 3 kebiasaan yang menjadi penyebab utama karang gigi, yakni konsumsi gula berlebihan, jarang sikat gigi, serta kebiasaan minum susu sebelum atau ketika tidur.

Cara Mencegah Kemunculan Karang Gigi pada Gigi Susu Anak

Oleh karena itu, sebagai orang tua, bunda perlu mengajarkan cara mencegah kemunculan karang gigi tersebut. Caranya, bunda bisa mengajarkan hal-hal berikut kepada anak:

1. Mengajarkan pola sikat gigi yang rutin

Ajarkan anak untuk terbiasa menggosok gigi rutin. Ketika gigi anak belum tumbuh, bunda bisa membersihkannya menggunakan air hangat dan kain kasa lembut. Setelah gigi mulai tumbuh, bunda bisa mulai menggunakan sikat yang punya bulu lembut.

2. Pemeriksaan gigi secara teratur

Bunda juga bisa mengajak si kecil untuk periksa gigi secara teratur ke dokter gigi. Jangan tunggu ketika anak mengalami sakit atau melihat adanya kemunculan karang gigi.

3. Asupan nutrisi yang cukup

Dengan konsumsi nutrisi yang tepat dan mencukupi, gigi anak bisa tumbuh dengan sehat dan baik.

4. Jangan terlalu banyak konsumsi gula

Membatasi konsumsi gula pada anak juga berperan penting dalam pencegahan tumbuhnya karang gigi.

5. Jangan terbiasa memberi botol ketika bayi tidur

Terakhir, bunda hentikan kebiasaan untuk memberi botol minum ketika bayi tidur. Namun, pemberian ASI melalui puting payudara masih diperbolehkan.

Dengan melakukan perawatan dan pencegahan tersebut, kesehatan gigi susu pada si kecil bisa dilakukan secara maksimal. Mereka pun akan terbiasa untuk melakukan perawatan tersebut dan akan dilakukan hingga dewasa.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE