Tips Merawat Wajah Agar Awet Muda Alami

awet mudaSetiap orang, khususnya kaum hawa pasti menginginkan wajah yang tampak segar, cantik, sehat dan awet muda. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua orang mengetahui rahasia bagaimana caranya agar bisa tampil dan memiliki wajah yang terlihat awet muda? Rahasia agar bisa tampil dan terlihat awet muda, tentunya membutuhkan beberapa usaha mulai dari cara merawat wajah, mengkonsumsi makanan yang tepat, serta menjaga istirahat agar tetap teratur dan cukup. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat wajah tampak awet muda selalu.

Kulit lembab, adalah salah satu kunci mengapa seseorang bisa tampak terus terlihat muda. Kulit lembab bisa didapatkan dengan cukup mudah yakni dengan cara rajin mengonsumsi air putih.

Air putih

Jika Anda seorang wanita, mengonsumsi air putih minimal 6 hingga 8 gelas per hari adalah sesuatu yang harus dibiasakan agar tubuh tetap terhidrasi dan wajah menjadi lembab. Bagi pria, 8-12 gelas adalah jumlah yang dianjurkan. Rajin mengonsumsi air putih yang cukup tidak hanya dapat melembabkan wajah, melainkan juga dapat memberikan efek menyegarkan dan mencerahkan pada wajah.

Buah-buahan

Makanan lain yang harus dikonsumsi adalah buah-buahan dengan berbagai warna. Hampir bisa kita pastikan bahwa semua dokter baik itu ahli kesehatan kulit maupun mereka yang ahli di bidang kecantikan selalu menyarankan kepada kita untuk mengkonsumsi buah-buahan setidaknya satu porsi sehari. Buah-buahan mengandung banyak manfaat mulai dari antioksidan hingga sumber nutrisi. Selain itu, buah-buahan juga banyak mengandung air yang bisa menjadi pelembab untuk kulit.

Sayur

Sayur adalah bagian terpenting untuk wajah awet muda serta cantik, namun tidak semua orang mau mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang cukup setiap hari. Sayuran adalah makanan yang sehat dan sangat dianjurkan. Oleh sebab itu, jika Anda tidak menyukai sayur, cobalah untuk mengolah sayuran menjadi beberapa makanan menarik yang enak agar Anda terbiasa untuk mengkonsumsi sayuran.

Istirahat dengan teratur

Ini juga merupakan bagian terpenting dari cara mendapatkan wajah yang awet muda. Memberikan waktu kepada tubuh terutama wajah untuk beristirahat dari berbagai kegiatan dan memberikan kesempatan untuk relax akan membuatnya menjadi tampak muda lebih lama.

Masker alami

Tahukah Anda bahwa setiap hari ada ribuan sel kulit mati yang ada di wajah kita. Apabila tidak diangkat dan dibersihkan, sel kulit wajah yang mati tersebut akan terus menumpuk dan menyebabkan kulit menjadi kering serta mudah menjadi tua dan kusam. Kita setidaknya harus memiliki waktu seminggu sekali untuk melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati adalah dengan menggunakan masker alami. Selain untuk menutrisi dan melembabkan wajah dari luar, masker alami terkenal juga dapat mengangkat sel sel kulit mati.

Diantara beberapa masker alami untuk wajah yang populer dan sering digunakan antara lain masker pisang, pepaya, masker putih telur, tomat dan juga masker lidah buaya. Jangan lupa untuk mencampurkan beberapa bahan alami bermanfaat lainnya di masker Anda seperti air perasan jeruk nipis, air mawar, madu maupun bahan lainnya seperti aloevera.

Cuci wajah dengan benar

Kegiatan mencuci wajah sangat penting dan tidak boleh diremehkan. Apabila Anda ingin mendapatkan wajah yang awet muda, selalulah mencuci wajah setiap hari dengan benar. Berikut ini cara mencuci wajah:

  • Mulailah dengan mencuci tangan. Anda tentu tidak ingin semua kotoran, kuman atau bakteri serta minyak yang ada di tangan berpindah ke wajah bukan? Dan, jika Anda memiliki riasan pada mata, bersihkan terlebih dahulu bagian tersebut atau hapus sebelum mulai membersihkan wajah.
  • Basahi seluruh wajah dengan menggunakan air hangat. Air yang pas adalah air yang bersuhu tidak terlalu panas atau yang biasa kita sebut dengan air hangat suam-suam kuku. Air yang terlalu panas dapat mengejutkan kulit dan bahkan bisa membuat kapiler menjadi pecah.
  • Bagian di wajah yang cukup sensitif terhadap suhu biasanya terletak di sekitar hidung dan pipi. Selanjutnya, gunakan ujung jari untuk memijat, bersihkan kulit wajah dengan gerakan melingkar secara lembut dan kecil.
  • Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa kotoran dan juga make up terangkat dengan baik saat mencuci wajah adalah dengan menggunakan kain muslin. Selain itu, jika Anda melakukan gosokan dan putaran kecil, kain juga dapat berfungsi sebagai exfoliant ringan.
  • Langkah keempat berkaitan dengan faktor eksternal dari wajah yang sering dilewatkan yaitu bagian rambut, leher dan sudut di kedua sisi hidung. Bagian tersebut sangat penting karena leher juga menjadi bagian dari wajah, kemudian kedua sisi hidung sering kali kita lewatkan. Tidak hanya itu, rambut juga harus dicuci dan dibilas karena seringkali menjadi salah satu bagian dari kita yang paling sering menyentuh wajah. Dan tahukah Anda bahwa rambut bisa menjadi sumber kotoran dan bakteri?
  • Akhiri proses pencucian wajah dengan memercikkan air dingin setidaknya tiga kali yang dimanfaatkan untuk menutup pori-pori. Selanjutnya keringkan kulit wajah dengan cara menepukkan handuk, jangan menggosok-gosokkannya karena dapat merusak kulit dan menyebabkannya menjadi kasar.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE