Tips Mudik Aman & Menyenangkan Bersama Si Kecil

Musée du Louvre, Ikon Kota Paris

Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia menjelang lebaran, apalagi bagi mereka yang merantau, tinggal jauh dari orangtua dan sanak saudara. Mudik ini seperti menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya untuk mengunjungi keluarga di kampung halaman, oleh karena itu persiapannya pun harus sudah dilakukan dari jauh-jauh hari seperti memesan tiket perjalanan, hingga menyiapkan dana mudik.

Mudik memiliki tantangan tersendiri, selain karena harus melakukan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, para pemudik tak jarang banyak yang membawa anak-anak berusia balita untuk mudik baik menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, hingga kendaraan umum. Agar perjalanan mudik bersama si kecil aman dan menyenangkan, apa sajakah kira-kira yang harus dilakukan dan dipersiapkan?

Persiapan Sebelum Berangkat

1. Mempersiapkan fisik dan mental. Sebisa mungkin periksakan kondisi kesehatan fisik Anda dan keluarga, jangan lupa untuk selalu membawa P3K dan obat-obatan yang diperlukan. Jaga kesehatan dengan meminum vitamin C dan istirahat yang cukup sebelum berangkat mudik. Persiapkan juga kondisi mental untuk menghadapi kemacetan selama di perjalanan.

2. Service kendaraan. Sebelum mudik, lakukan pemeriksaan detail pada kendaraan Anda agar layak menempuh perjalanan jauh. Lakukan service sebelum mudik, minimal 2 minggu sebelum atau 1 bulan sebelumnya, karena biasanya 1minggu hingga beberapa hari menjelang lebaran bengkel mengalami antrian panjang dan sudah tidak menerima service kendaraan.

3. Bawa uang dan barang secukupnya. Cermati barang bawaan Anda, bawa pakaian, uang dan perlengkapan lainnya seperlunya saja agar kendaraan tidak kelebihan muatan. Persiapkan perlengkapan anak secara terpisah di tasnya sendiri agar bisa dijangkau dengan mudah saat dibutuhkan. Jika ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung, Anda bisa memaketkannya terlebih dulu agar lebih simple dan aman.

4. Bawa bekal. Bekal camilan seperti makanan dan minuman ringan bisa menjadi teman selama di perjalanan dibanding harus membeli makanan saat di jalanan. Selain menghemat biaya pengeluaran yang biasanya relatif lebih mahal, Anda pun akan merasa lebih tenang saat haus dan lapar melanda.

5. Peta. Membawa perlengkapan peta saat mudik bisa membantu menghafal jalan yang dilalui atau saat mencari jalan alternatif. Lakukan update informasi terbaru berkaitan dengan mudik di radio, televise hingga media sosial. Patuhi aturan lalu lintas agar Anda dan keluarga selamat sampai tujuan. Meskipun saat ini Anda bisa dimanjakan dengan aplikasi digital seperti Google Map, taka da salahnya memiliki peta konvensional untuk jaga-jaga jika suatu waktu Anda berada di kawasan darurat signal.

6. Buku dan mainan. Agar suasana tidak membosankan, bawalah beberapa buku bacaan terbaru dan mainan yang disukai si kecil. Jangan lupa juga bawa perlengkapan seperti selimut, bantal, baju ganti, popok yang cukup, agar anak tetap merasa nyaman selama di perjalanan.

Selama di Perjalanan

Melakukan perjalanan jarak jauh bersama anak balita memerlukan strategi khusus. Tips berikut ini mungkin bisa Anda praktekkan agar anak tetap merasa nyaman saat mudik.

  • Atur kecepatan kendaraan. Karena ada anak kecil di dalam mobil, And harus bisa mengontrol kecepatan kendaraan demi keselamatan keluarga.
  • Ajak anak beraktivitas. Misalnya mendongeng, mewarnai, bermain games di gadget, dan sebagainya agar anak merasa terhibur selama di perjalanan.
  • Berhentilah sewaktu-waktu. Untuk menghilangkan lelah dan jenuh karena duduk di kendaraan, berhentilah sejenak di rest area. Ketika berhenti Anda bisa mengganti popok anak, buang air kecil dan bersantai sejenak sambil makan. Bagi anak yang sudah besar, Anda sudah bisa memberikan pengetahuan IPS tentang daerah yang sedang dikunjungi dan seperti apa kebudayaannya.
  • Berikan camilan yang dibawa. Camilan akan membantu anak tetap merasa kenyang selama di perjalanan.
  • Gunakan car seat. Untuk balita, gunakan car seat atau matras khusus yang bisa diletakkan di dalam mobil untuk memberikan rasa nyaman dan aman ketika si kecil beristirahat.