Tips Mudik Bersama Keluarga Anda

Family-car-holiday-bigKurang lebih satu minggu lagi, lebaran akan tiba. Bagaimana persiapan Anda bersama keluarga Anda? Harus diakui, lebaran tidak hanya dipersiapkan dengan menata hati saja, namun kita juga harus mempersiapkan hal-hal fisik yang lebih detail seperti persiapan lebaran itu sendiri dengan segala kebutuhan yang ada.

Bagi Anda yang tidak mudik, Anda bisa santai sejenak karena tidak perlu menghadapi jalanan yang kemungkinan padat saat seeprti mudik ini. Apakah Anda salah satu keluarga yang mudik ke kampung halaman? Nah, pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda persiapkan menjelang mudik. Simak point-point berikut ini:

Bawa Makanan Khas untuk Buah Tangan

Jika Anda tinggal di satu kota lalu mudik ke kota kelahiran Anda, sebaiknya Anda membawa buah tangan atau oleh-oleh berupa makanan untuk keluarga atau tetangga-tetangga tempat Anda mudik. Anda bisa juga menghidangkan makanan tersebut sebagai makanan yang melengkapi hidangan lebaran Anda.

Nah, buah tangan itu bisa menjadi alat untuk menjalin silaturahim kembali kepada tetangga Anda yang sempat vakum selama Anda bekerja di perantauan.

Pilih Waktu Keberangkatan yang Tepat

Sebelum berangkat mudik dan melakukan perjalanan jauh, pilihlah waktu yang menurut Anda tepat. Bisa jadi waktu yang tepat bagi Anda adalah malam hari karena kondisi fisik Anda pasti segar karena sudah berbuka puasa. Namun Anda harus memperhatikan apakah pada saat-saat jam seperti itu, Anda mengantuk apa tidak.

Jika Anda merasa nyaman jika berangkat siang hari, yang harus Anda perhatikan adalah rasa lemas yang bisa jadi mendera tubuh Anda mengingat Anda tentu berpuasa bukan?

Anda bisa sedikit mengabaikan point ini jika membawa sopir pribadi. Anda harus mewanti-wanti kepada sopir Anda untuk menjaga fisiknya sebelum perjalanan jauh.

Cek Kendaraan Anda

Sebelum berangkat, cek dulu kendaraan Anda, jika perlu servislah kendaraan Anda terlebih dahulu. Ini mencegah kemungkinan kendaraan Anda mogok di jalan. Berabe kan jika mobil Anda mogok di jalan?

Packing Barang dengan Tepat

Ini wajib Anda persiapkan secara lebih setail. Barang bawaan saat mudik tentu sangat banyak, maka dari itu Anda harus mengemaskan sedemikian rupa dan tertata dengan rapi. Barang yang kecil kemungkinan tidak diambil/dibutuhkan saat perjalanan sebaiknya ditaruh di tempat yang lebih dalam.

Tata barang bawaan Anda dan masukkan dalam bagasi mobil dengan rapi. Barang-barang seperti charger, bantal, selimut sebaiknya ditaruh di dalam mobil untuk keperluan istirahat Anda agar lebih nyaman.

Persiapkan Gadget dan Alat Komunikasi

Gadget tak hanya diperlukan untuk komunikasi Anda, namun gadget bisa juga connect ke internet sehingga Anda bisa mencari informasi seputar hal-hal yang Anda perlukan selama dalam perjalanan, misalnya pom bensin, ATM, masjid, atau tempat peristirahatan. Gadget bisa difungsikan sebagai GPS yang menunjukkan jalan atau peta yang benar.

Bawa Uang Secukupnya

Sepanjang perjalanan tentu Anda memerlukan uang. Daripada Anda membawa uang pas-pasan, lalu butuh uang urent dan tidak tau di mana ATM terdekat, lebih baik Anda membawa uang secukupnya dan sedikit berlebih. Uang dibutuhkan untuk membeli makanan atau bensin.

Bawa Obat-obatan dan Perbekalan yang Cukup

Tak ada salahnya jika Anda mempersiapkan berbagai obat-obatan seperti minyak kayu putih, obat maag, obat mabok, obat sakit kepada dan obat untuk kecapekan. Jangan lupa membawa makanan secukupnya untuk anak Anda atau Anda sendiri jika situasi Anda benar-benar lemas kondisinya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE